Cara Nonton Gerhana Matahari 10 Juni yang Tak Bisa Dilihat Langsung di Indonesia

Novi Nadya10 Jun 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 10 Jun 2021, 13:00 WIB
Fakta Gerhana Matahari Cincin

Fimela.com, Jakarta Gerhana Matahari pertama tahun ini terjadi pada Kamis, 10 Juni 2021. Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) mengatakan gerhana matahari terjadi bersamaan dengan fase bulan baru.

Karena bulan hampir seluruhnya menghalangi matahari dan hanya akan menyisakan cincin api maha disebut gerhana matahari cincin. Gerhana matahari cincin hanya dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada) termasuk kawasan Siberia (Rusia) dengan ketampakan maksimum pukul 17:43:05 WIB/ 18:43:05 WITA/ 19:43:05 WIT.

 

Sayangnya kita di Indonesia tidak bisa melihatnya secara langsung. Melansir dari Tekno Liputan6.com, ada beberapa akun YouTube yang menyiarkan secara langsung gerhana matahari cincin, apa saja;

1. Virtual Telescope Project

Virtual Telescope Project yang berbasis dekat Roma akan menggelar live streaming fenomena gerhana Matahari cincin dengan sejumlah partisipan international yang berasal dari Kanada.

 

Chanel YouTube Nonton Gerhana Matahari

Gerhana
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin Credit: pexels.com/Drew

2. NASA

NASA juga akan menggelar live streaming yang menampilkan peristiwa gerhana Matahari sebagian. NASA mengingatkan siaran langsung ini juga akan bergantung dengan cuaca nantinya.

3. TimeandDate.com

TimeandDate.com akan melakukan siaran langsung peristiwa gerhana Matahari cincin ini di kanal YouTube miliknya. Selain itu, di situs webnya ada sejumlah rekanan dalam siaran langsung nanti yang berasal dari luar Amerika Serikat dan Kanada.

4. Royal Observatory Greenwich

Untuk di Inggris, ada Royal Museums Greenwich yang menggelar siaran langsung dari Royal Observatory Greenwich.

"Ahli astronomi kami akan membantu menjelaskan peristiwa gerhana Matahari dan membantu menjawab semua pertanyaanmu," tulis Royal Observatory Greenwich dalam pernyataannya.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 22 JUNI 2021