Sukses

Lifestyle

4 Alasan Mengapa Mencatat Siklus Menstruasi Sangat Penting

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar perempuan mengalami menstruasi setiap bulan. Namun tak jarang beberapa perempuan yang kerap mengalami siklus mentsruasi yang tidak teratur.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya stres. Perubahan siklus mentsruasi menjadi tidak teratur biasanya membuat banyak perempuan semakin stres.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal ini mencatat siklus menstruasi menjadi sangat penting. Pencatatan ini bisa membantumu untuk memahami bagaimana siklus menstruasi bekerja di tubuhmu dari bulan ke bulan.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang didapat dari mencatat siklus menstruasi. Lebih lanjut, berikut ini 4 alasan mengapa mencatat siklus menstruasi sangat penting, seperti yang dilansir Hello Clue.

1. Membantu memahami pola menstruasi

Cara paling sederhana untuk melacak siklus menstruasi adalah dimulai dari kapan menstruasi terjadi hingga waktu akhir menstruasi. Sehingga kamu bisa mengetahui rata-rata panjang siklus menstruasi di tubuhmu.

Perlu diingat, setiap tubuh memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Mengetahui siklus menstruasi diri sendiri membantumu merasa lebih terkendali dan tidak terkejut dengan menstruasimu berikutnya.

2. Mengetahui waktu tepat berovulasi

Bagimu yang berencana memiliki momongan, mencatat siklus menstruasi sangat penting. Mengetahui siklus menstruasi membantumu mengetahui kapan masa subur terjadi di tubuhmu.

Masa subur sendiri terjadi di sekitar masa-masa ovulasi, yakni ketika ovarium melepaskan sel telur. Secara umum, ovulasi pun akan terjadi sekitar 12 sampai 14 hari sebelum periode menstruasi dimulai.

Rata-rata masa subur perempuan mulai terjadi pada hari ke 10 sampai ke 17, intinya setelah hari pertama menstruasi. Namun, perlu diperhatikan bahwa hitungan tersebut bisa tepat apabila siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari. 

3. Meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan

Siklus menstruasi adalah indikator langsung dari kesehatan tubuh mu secara keseluruhan, dan menstruasi adalah cara tubuh memberi tahu kamu bahwa segala sesuatunya berjalan sebagaimana mestinya. 

Memiliki periode yang sangat tidak terduga atau berat, atau melewatkan periode, dapat menunjukkan kondisi mendasar yang ada. Dengan melacak dan mencatat berbagai detail siklusmu, kamu akan dapat mengingat hal-hal yang mungkin kamu lupakan saat berbicara dengan penyedia layanan kesehatan.

4. Memahami dan mengelola suasana hati

Bukan hanya tentang PMS, perubahan hormonal sepanjang siklus menstruasi telah menyebabkan perubahan suasana hati. Mempelajari kapan perubahan ini terjadi dapat menjadi informasi lain untuk membantu memahami ritme siklusmu.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading