Sukses

Lifestyle

5 Cara Membuat Tubuh Sehat dan Bugar dengan Olahraga Mini Gym di Rumah

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh bisa jadi salah satu bucket list 2021. Hal ini dikarenakan, pandemi Covid-19 belum saja usai. Olahraga pun menjadi salah satu kebiasaan baik untuk membuat tubuh sehat dan bugar.

Berbagai olahraga pun bisa dilakukan seperti lari, bersepeda, zumba, hingga gym versi mini yang bisa dilakukan di rumahmu lho. 

“Menjalani hidup sehat bisa dilakukan dari rumah, apalagi sekarang sudah hadir berbagai peralatan dan produk olahraga masa kini yang dirancang dengan bahan yang lebih ringan dan minimalis, sehingga mudah disimpan saat tidak digunakan. Harga dari peralatan dan produk tersebut juga sangat bervariasi sehingga para penggemar olahraga bisa memilih yang sesuai dengan budget mereka,” ujar Elsa Maria Pattie, Blibli.

Nah, berikut ini inspirasi untuk memulai olahraga dari rumah:

1. Berjalan untuk memelihara kesehatan jantung

Banyak sumber mengatakan bahwa berjalan selama minimal 30 menit tiap hari adalah kebiasaan baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukannya akibat minimnya outdoor area dan kondisi pandemi yang mengharuskan physical distancing

Walking pad bisa jadi solusi olahraga dari rumah. Jangan takut makan tempat bagi pecinta hunian minimalis, karena walking pad bisa dilipat dan diselipkan dengan mudah. Sambil mendengarkan lagu, bisa berjalan dengan dengan speed range yang disesuaikan. 

2. Perkuat otot dengan gowes dari rumah

Bagi yang memiliki berat badan berlebih, pakar kesehatan menyarankan untuk memilih bersepeda sebagai olahraga rutin karena tidak terlalu memberi tekanan pada persendian tubuh. Nah, sepeda statis adalah jawabannya! Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, bisa memperkuat otot dengan gowes dari rumah.

Berolahraga dengan sepeda statis ini juga bisa diterapkan pada usia lanjut karena minim risiko. Biar tidak bosan, mainkan drakor atau tontonan kesukaan, karena home workout equipment ini tidak menimbulkan suara berisik. Selain itu, bisa mengubah pengaturan beban kayuhan, waktu, dan ketinggian dudukan sesuai kebutuhan. 

3. Bakar kalori dengan melompat

Jika ingin olahraga yang lebih menyenangkan, melompat bisa jadi pilihan untuk dicoba. Skipping, atau melompat dengan bantuan tali, kesannya sederhana. Namun, cabang olahraga plyometric yang bermanfaat untuk membakar kalori ini bisa meningkatkan kemampuan otak loh, karena tubuh dan pikiran berkoordinasi membuat tempo dengan bergerak melompat. Perlengkapannya pun sederhana, hanya butuh skipping ropedan konsistensi untuk melakukannya. Olahraga ini biasanya divariasikan dengan workout lainnya seperti Muay Thai atau rangkaian gerakan HIIT atau high-intensity interval training.

4. Bentuk badan dengan angkat beban

Apabila ingin memiliki bentuk tubuh sesuai keinginan, perlu komitmen tinggi untuk melakukan olahraga yang membentuk otot. Tidak perlu berkunjung ke gym, dengan bermodalkan satu set dumbell, bisa melakukan beberapa simple exercise dari rumah. Pilihlah dumbell yang beratnya sesuai dengan bobot tubuh. Pelajari gerakan sederhana di Youtube dan untuk hasil maksimal, fokuslah pada gerakan tubuh, bukan repetisi. Juga bisa melakukan olahraga ini di depan cermin untuk memastikan gerakan sudah dilakukan dengan baik.

5. Pantau perkembangannya secara rutin

Untuk memantau berat badan sekaligus progres olahraga yang telah dilakukan secara rutin, jangan lupa sediakan timbangan dalam home gymmu. Lakukan pengecekan berat badan secara berkala dengan timbangan badan digital yang bisa menampung beban hingga 180 kg. Desainnya yang minimalis membuat produk ini awet dalam penggunaannya serta tidak mengganggu suasana bila diletakkan di pojok ruangan. 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading