Sukses

Lifestyle

Kemnaker Dorong Kesempatan Kerja Setara untuk Perempuan di Masa Pandemi COVID-19

Fimela.com, Jakarta Tantangan bagi masyarakat untuk mendapatkan kesempatan kerja kian meningkat, terutama di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Hal ini juga berdampak pada akses kerja bagi kaum muda, terutama perempuan. Banyak orang kesulitan mendapatkan kesempatan kerja dan bahkan meningkatnya pemutusan hubungan kerja.

Untuk mengatasi hal ini, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) kembali menggelar Digital Career Expo dengan mengusung tema: ‘Finding Career in Digital Era!’. Bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI atau Kemnaker, acara ini menyediakan sedikitnya 1.000 lowongan pekerjaan bagi sekitar 10.000 peserta, dari 100 perusahaan yang berpartisipasi. 

Di bulan Juni 2021 in, Kemnaker dan Plan Indonesia terus berupaya meningkatkan peluang kerja layak dan setara bagi kaum muda di tengah pandemik COVID-19. Melalui program Wired 4 Work! (W4W), yang didukung oleh Accenture sejak 2018, Plan Indonesia secara konsisten berupaya meningkatkan keterampilan kerja kaum muda di berbagai sektor, khususnya melalui platform ketenagakerjaan online, YES!DIGITAL. 

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah, memberikan apresiasi atas terselenggaranya Digital Career Expo. Menurut Menaker Ida, acara yang diselenggarakan dengan memanfaatkan Karir Hub, platform dari Sistem Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan RI, ini merupakan upaya yang dapat mendukung pemulihan sektor ketenagakerjaan Indonesia.

“Acara ini merupakan salah satu bentuk implementasi konsep link & match di pasar kerja, dengan mempertemukan antara pekerja dan pencari kerja dalam acara bursa kerja. Manfaat acara ini juga semakin besar, karena diadakan pada momen dunia ketenagakerjaan Indonesia sedang terdampak adanya pandemik COVID-19,” kata Menaker Ida dalam pembukaan Digital Career Expo 2021 di Jakarta pada Jumat (18/6).

 

Digital Career Expo 2021

Dini Widiastuti selaku Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia menjelaskan,  diharapkan tak hanya membuka peluang kerja bagi kaum muda, namun juga membuka peluang untuk menghadirkan kolaborasi multipihak. Menurutnya, kolaborasi lembaga masyarakat, pemerintah, perusahaan swasta, UMKM, komunitas, juga kaum muda berperan penting untuk menciptakan penguatan ekonomi, baik pandemi Covid-19 seperti saat ini maupun di masa depan.

“Kerjasama multipihak penting untuk menyokong perjalanan kaum muda, khususnya perempuan, dalam mengembangkan karier yang tepat dan layak, sekaligus menyediakan akses bagi mereka untuk berdaya dari sisi ekonomi secara setara,” ujar Dini ketika ditemui setelah acara pembukaan Digital Career Expo, 18 Juni 2021. 

 

Beragam Program Menarik

Dalam rangkaian Digital Career Expo, peserta dapat melakukan job matching dengan perusahaan swasta dan UMKM, mendapatkan kesempatan bergabung dalam komunitas digital YES!HUB,  juga mendapatkan panduan untuk menggunakan platform pengingkatan kapasitas kerja, YES!ACADEMY (kitakerja.id). Berbagai perusahaan dan komunitas UMKM, seperti komunitas OK OCE Indonesia, Agro Boga Utama, AdMart, Importa Smart Furniture, juga PT Yugo Eshan Mandiri, turut berpartisipasi dan memberikan lowongan kerja bagi kaum muda.

Selain itu, dalam Digital Career Expo 2021, peserta dapat mengikuti sesi webinar bersama sosok inspiratif. Seperti: Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), Asri Triwahyuni (Head of Corporate Sustainability HSBC), Devy Suhardji (Direktur Pemasaran & Pelayanan Angkasapura 1 (Persero)) dan Arief Wardono (Presiden Direktur PT. Pertadaya Gas), Daisy Suhari (Co-Founder & Managing Partner PT. Dharma Bidara Adimulya), Diah Kurniawati (Direktur Keuangan PT Pertamina International Shipping), Dr. Livia Iskandar (Wakil Ketua LPSK RI), dan masih banyak lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading