Sukses

Lifestyle

Pertama Kalinya, 1,1 Juta Siswa di NY Libur Menyambut Idul Adha

Fimela.com, Jakarta Enggak seperti di Indonesia, yang seluruh siswanya ikut libur untuk merayakan Idul Adha. Di sini, bukna hanya siswa saja yang diliburkan. Bahkan sebagian besar kantor juga ikut libur untuk menghormati umat muslim yang merayakannya. Tapi ternyata enggak di negara-negara yang penduduk muslimnya minoritas. Baru kali ini, siswa sekolah negeri di New York, Amerika Serikat bisa menikmati libur bersama keluarganya untuk merayakan Idul Adha. 

Pertama Kalinya, 1,1 Juta Siswa di NY Libur Mneyambut Idul Adha | via: fortgreenefocus.com

Umat muslim di New York jelas sangat gembira dengan keputusan ini. Salah satu warga yang berbahagia adalah Isabel Bucaram. Ketika anaknya, Huyam, masih duduk di kelas satu, tujuh tahun lalu, dia harus bolos sekolah dan ketinggalan wisata kelasnya untuk menonton balet The Nutcracker di Lincoln Centre. Karena pada saat itu hari raya Idul Adha belum ditetapkan sebagai hari libur nasional. 

Pertama Kalinya, 1,1 Juta Siswa di NY Libur Mneyambut Idul Adha | via: america.aljazeera.com

Tapi pada hari ini, Huyam sudah bisa merayakan Idul Adha bersama keluarga tercintanya secara sah dan legal. Ketetapan ini diumumkan oleh Walikota New York City, Bill de Blasio pada Maret lalu. Huyam kepada Bucaram mengaku sangat senang dengan diliburkannya sekolah pada hari raya ini. Sehingga dia bisa berkumpul dengan keluarga, beribadah, tanpa harus ketinggalan kegiatan di sekolah. 

Pertama Kalinya, 1,1 Juta Siswa di NY Libur Mneyambut Idul Adha | via: gannett.com

Keputusan yang diumumkan de Blasio ini ternyata dianggap sebagai simbol penerimaan masyarakat New York terhadap umat muslim di Amerika Serikat. Direktur Jamaica Muslim Centre, Imam Shamsi Ali juga turut senang dengan kebijakan ini. Dia berharap, semoga negara bagian lain dan kota-kota lain juga akan ikut meliburkan siswa muslim di Amerika Serikat. "Saya, sebagai imam sekaligus sebagai seorang ayah, turut berbahagia dengan adanya kebijakan ini. Saya yakin ini akan mendorong rasa saling memiliki di antara umat muslim," katanya. 

Pertama Kalinya, 1,1 Juta Siswa di NY Libur Mneyambut Idul Adha | via: bcexcelsior.com

Kini, Hari Raya Idul Adha dan Idul Fitri sudah masuk dalam kalender sekolah negeri di New York City. Dan selama ini, beberapa hari raya juga sudah masuk dalam daftar hari libur di kalender sekolah negeri New York. Di antaranya ada libur hari raya umat Kristen dan Yahudi, serta tahun Baru Cina yang jatuh pada 8 Februari. 

Baca juga: Jamaah Haji Ini Membuat Muslim Sedunia Meneteskan Air Mata

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading