Sukses

Lifestyle

3 Cara Mudah Supaya Kamu Enggak Kecanduan 'Online Shopping'

Fimela.com, Jakarta Hampir setiap orang belakangan ini kecanduan berbelanja di toko online. Soalnya banyak kemudahan yang ditawarkan mereka. Seperti kemudahan transaksi, memilih produk yang ingin kamu beli, dan yang paling penting kamu enggak usah pergi ke tokonya. Tinggal klik barang yang kamu mau dan langsung bayar. Hanya dalam waktu beberapa hari, kamu akan mendapatkan barang yang kamu beli. 

Belum lagi toko online memberikan potongan harga. Jadi belanja di toko online lebih murah dibandingkan dengan kamu membeli barang yang sama di toko biasa. Nah, kemudahan-kemudahan ini membuat sebagian orang kecanduan online shopping. Rasanya kalau enggak belanja satu hari pasti ada yang kurang.

Akibatnya, kamu enggak bisa kontrol keuanganmu sendiri. Baru satu minggi setelah gajian, uangmu di bank sudah hampir habis. Alhasil kamu akan menggunakan kartu kredit untuk memenuhi keinginanmu. Hati-hati, penggunaan kartu kredit yang salah bisa bikin kamu terlilit hutang! Makanya sebaiknya kamu hilangkan kecanduan belanja di toko online, agar keuanganmu tetap 'sehat.' Buat kamu yang ingin menghentikan kebiasaan ini, Bintang.com punya tiga cara ampuh buat kamu. 

Unsubscribe buletin atau iklan toko online yang dikirim mereka lewat email. Kamu harus berhenti berlangganan buletin yang mereka kirim. Sehingga setiap kali membuka surat elektronik, kamu enggak akan tergoda untuk membeli barang yang enggak kamu perlukan. Ini salah satu cara yang ampuh untuk menghentikan kecanduanmu berbelanja di toko online. 

Uninstall aplikasi toko online dari ponselmu. Kamu juga harus menghapus semua aplikasi toko online di ponselmu. Jangan bikin tanganmu 'gatal' untuk terus memeriksa apakah ada potongan harga yang lumayan besar atau enggak. Jalan satu-satunya kamu harus hapus aplikasi tersebut. Sedih dan berat memang. Tapi kamu harus meneguhkan hati untuk berhenti kecanduan berbelanja. 

Ubah cara berpikir dan kontrol dirimu. Dua cara di atas enggak akan bisa berhasil kalau kamu sendiri enggak punya keteguhan dan kemauan yang keras untuk berhenti belanja berlebihan. Kamu harus bisa mengontrol dirimu supaya enggak beli barang  untuk kesenangan. Ubah cara berpikirmu dan cobalah untuk mengalihkan perhatian agar enggak selalu memikirkan barang yang belum sempat kamu beli. 

Nah, dengan tiga cara ini kamu bisa menghilangkan kebiasaanmu untuk terus-terusan belanja di toko online. Tapi, ketiga cara di atas enggak akan berhasil kalau dari dalam dirimu belum ada kesadaran dan kemauan. Karena kamu harus punya keteguhan hati untuk bisa berhenti belanja barang yang enggak kamu perlukan. Sulit memang, tapi kalau kamu ingin keuanganmu membaik, sebaiknya kamu merubah kebiasaan ini. 

Baca juga: 7 Tanda yang Bakal Muncul ketika Kamu Sudah Kecanduan Belanja

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading