Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Jika Ingin Punya Kulit Mulus

Fimela.com, Jakarta Kulit merupakan bagian terluar pada tubuh. Saat berjumpa dengan seseorang untuk pertama kali, kulit bisa jadi hal pertama yang diperhatikan mereka terhadap dirimu. Kulit juga bisa jadi indikator gaya hidup seseorang. Sebagian besar orang pasti ingin memiliki kulit bebas jerawat, mulus, dan sehat. Terutama bagi kaum hawa. Maka dari itu, tak jarang banyak perempuan modern berbondong-bondong pergi ke dokter kulit dan merogoh kocek dalam untuk mendapatkan kulit mulus.

Padahal, untuk mendapatkan kulit yang flawless nggak melulu harus dengan pergi ke dokter. Masih ingat dengan sebuah pepatah yang mengatakan "Kamu adalah apa yang kamu makan"? Yap. Pepatah itu bener benget adanya. Kalau kamu ingin dapat kebaikan pada kulit, kamu harus mengonsumsi makanan yang baik pula. Namun, memperhatikan asupan makanan pun nggak cukup. Kamu juga harus memperhatikan hal lain yang bisa berpengaruh pada kulitmu. Apa saja? Simak 5 poin berikut ini.

Hindari konsumsi antibiotik jangka panjang.

Hindari konsumsi antibiotik jangka panjang. (Via: antibiotic-action.com)

Beberapa dokter kulit menyarankan untuk mengonsumsi antibiotik untuk menyembuhkan radang pada kulit, khususnya jerawat kronis. Meski obat tersebut akan menampakkan perubahan membaik, namun percayalah jika kamu mengonsumsi antibiotik dalam jangka panjang, bukannya kebaikan yang kamu dapat, justru sebaliknya. Nggak hanya efek pada kulit, namun pada organ tubuh lainnya juga. Cari pengobatan jerawat yang bersifat alami daripada mengonsumsi obat.

Memencet jerawat.

Memencet jerawat. (Via: youtube.com)

Sekeras kamu menekan-nekan jerawat, sekeras itu pula kulitmu rusak. Sebab, dengan memencet jerawat bisa merusak jaringan parut pada kulit. Terlebih jika kamu memencetnya dengan jari, dikhawatirkan akan ada bakteri yang masuk ke jerawat dan menyebabkan infeksi. Kemudian bikin jerawat tambah parah. Kalau sudah begini, kulit mulus pun jauh dari kenyataan.

Stress atau banyak pikiran.

Stres. (Via: waspada.co.id)

Ketika dalam keadaan emosi, kamu akan kehilangan keseimbangan yang membuat hormonmu bertindak serupa. Ketika hormon berada di ambang batas, kemungkinan yang akan terjadi adalah kulit akan bermasalah. Meskipun stres tidak mudah untuk dihindari, namun kamu bisa mengelola tingkat stres yang kamu alami. Melakukan meditasi atau latihan pernapasan, misalnya.

Pelembab yang berlebihan.

Pelembab yang berlebihan. (Via: reviewproductstore.tk)

Banyak orang mendapatkan penyembuhan masalah kulit dengan cepat dan efektif hanya dengan berhenti pakai pelembab sama sekali. Namun, bagi kulit kering, disarankan untuk tetap memakai pelembab berbahan dasar air. Selain itu, pilih produk makeup yang tepat dengan kulit dan pastikan kamu telah mencuci muka sebelum beranjak tidur.

Makan makanan yang salah.

Makanan yang salah. (Via: podaimaperformance.com)

Kalau kamu mengenal tubuhmu dengan baik, kamu pasti juga akan mengenal makanan apa saja yang memicu jerawat pada kulitSo, coba ingat-ingat lagi makanan apa saja yang bisa bikin kulitmu meradang. 

Baca juga: Nggak Pede dengan Kulit Hitam? Coba Deh Belajar dari Rihanna

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading