Sukses

Lifestyle

Ternyata Kebiasaan Makan Sanggup Ungkapkan Kepribadianmu

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu melihat seseorang yang makannya sangat cepat? Meskipun mulai makan bersamaan dengan orang lain, tapi dia sudah selesai lebih dulu dari mereka. Ada juga orang yang makannya sangat lambat. Bukan berarti dia enggak mengunyah makanannya, tapi memang kecepatan makannya jauh berbeda dengan yang lain. Selain kebiasaan makan yang berdasarkan kecepatan, ada uda kebiasaan lainnya; suka pilih-pilih makanan dan orang yang lebih suka menyendiri ketika makan. 

Seorang ahli perilaku makan sekaligus pendiri lembaga riset perilaku makanan Food-ology, Juliet Bonghossian, mengatakan bahwa ternyata ada sifat atau kepribadian yang berhubungan dengan kebiasaan makan, dilihat dari segi psikologi. Bonghossian yang tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat ini mengatakan, "ada hubungan antara kebiasaan makan dengan aspek kepribadian individu dan kecenderungan perilaku." Berikut ini bahasan selengkapnya. 

Orang yang suka makan dengan lambat. Ketika semua orang sudah selesai makan dan beranjak dari meja makan, orang yang makannya lambat masih menikmati atau berusaha menghabiskan makanannya. Orang yang maknnya lambat ternyata cenderung percaya diri. Mereka enggak akan jadi minder hanya karena orang lain sudah selesai makan. Selain itu, mereka juga cenderung bisa menghargai hidup dan kelakukannya terkontrol dengan baik. 

Kebiasaan makan cepat.  Orang yang makannya cepat ternyata cenderung selesai makan sebelum orang lain menghabiskan setengah makanan yang ada dipiring mereka. Selain itu, menurut Binghossian, orang yang makannya cepat cenderung ambisius, selalu ingin memenuhi target yang sudah mereka buat, dan terbuka pada hal-hal yang baru. Tapi, orang yang makan cepat juga cenderung enggak sabaran.

Orang yang suka pilih-pilih makanan. Di mana pun dan dengan siapa pun kamu makan, biasanya kamu menemukan orang yang suka pilih-pilih makanan. Biasanya mereka menyisihkan sebagian bahan atau bumbu, bahkan sayuran yang enggak mereka suka dan akhirnya hanya memakan bagian yang mereka suka. Secara psikologis, orang yang suka pilih-pilih makanan cenderung sering merasakan cemas yang berlebihan. Selain itu sering mencari sensasi. Orang yang punya kebiasaan ini disebut dengan food neophobia atau keengganan untuk mencoba makanan yang baru. 

Si penyendiri. Ada juga orang yang setiap kali makan pasti akan menyendiri. Mereka enggak ingin dan meresa enggak nyaman kalau makan bersama orang lain. Orang yang seperti ini secara psikologis cenderung sangat detail dalam hal apa pun. Mereka yang juga disebut dengan isolasionist selalu memikirkan setiap hal dengan sangat baik dan terperinci. Secara garis besar, orang yang suka makan sendirian adalah orang yang sangat berhati-hati. 

Nah, itu dia empat macam kebiasaan makan yang sanggup mengatakan kepribadian seseorang. Ternyata di balik kebiasaan itu ada kecenderungan yang mungkin kamu semua enggak sadari. Kalau kamu, kebiasaan makan mana yang kamu punya? Tuliskan pengalaman dan kebiasaanmu pada saat makan di kolom komentar, ya. 

Baca juga: 10 Tipe Kepribadian Jika Dilihat dari Bentuk Alis Alami

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading