Sukses

Lifestyle

4 Teknik Pernapasan yang Sanggup Menjauhkanmu dari Stres

Fimela.com, Jakarta Banyaknya pekerjaan dan padatnya aktivitas kerap kali membuatmu stres dan tertekan. Apa lagi batas waktu penyelesaian proyek sudah dekat. Kamu pasti menjadi panik dan takut tidak bisa menyelesaikan tugasmu. Banyak orang yang memang bisa menyelesaikannya, tapi malah berakhir dengan wajah yang tidak segar karena tertekan dan lelah yang memuncak. Hal ini bukan hanya akan mengganggu kesehatan, tapi juga kinerja dan kecepatanmu bekerja di kantor pada hari-hari selanjutnya. 

Enggak perlu sampai mengundurkan diri dari kantor untuk beristirahat. Kamu juga enggak perlu ambil cuti. Cukup dengan mengatur napas, kamu akan mendapatkan semangat seperti sedia kala. Melatih napasmu ternyata tidak harus berada di rumah. Kamu juga bisa melakukannya di mana pun kamu mau. Nah, buat kamu yang penasaran, berikut ini empat teknik pernapasan yang bisa menjauhkanmu dari stres. 

Sama Vritti. Sama Vritti juga biasa disebut dengan equal breathing. Teknik pernapasan ini tidaklah sulit. Kamu hanya tinggal duduk bersila ditempat yang nyaman. Letakkan kedua tangan pada ujung lutut dengan posisi telapak tangan terbuka. Dengan posisi duduk yang tegak, perlahan-lahan tarik napas dan hitung dalam hati dari satu sampai empat. Kemudian buang dengan hitungan yang sama. Sebaiknya kamu lakukan latihan ini di tempat yang nyaman dan tenang. Tutup matamu agar kamu bisa merasakan kembang kempisnya paru-parumu. 

Pernapasan perut. Pernapasan perut ini sebenarnya tidak asing lagi. Teknik ini banyak digunakan oleh orang-orang Cina terdahulu, untuk menjaga agar pernapasan mereka tetap teratur dan benar meskipun sudah tua. Untuk melakukannya sangat mudah. Seperti namanya, pernapasan perut, kamu harus bernapas tanpa menggerakkan dadamu. Letakkan satu tangan pada dada dan tangan lainnya pada perut. Dengan posisi duduk yang santai dan tegak, tarik napasmu perlahan-lahan. Ketika bernapas, uasahakan dadamu tidak bergerak, tapi hanya perutmu yang mengembang. Kemudian buang napasmu perlahan-lahan. Lakukan pernapasan ini setiap hari selama 10 menit. Pernapasan ini juga sangat bagus dilakukan sebelum menghadapi ujian atau rapat di kantor. 

Kapalabhati. Latihan pernapasan ini, bagi pemula, dilakukan dengan mengambil napas perlahan-lahan dan juga panjang. Kemudian buang napasmu dengan cepat dan keras dari perut bagian bawahmu. Setelah kamu sudah nyaman dengan kontraksinya, kamu bisa mempercepat napasmu tanpa mengubah pola dan kekuatannya. Lakukan pernapasan ini ketika kamu bangun tidur sebagai pemanasan sebelum beraktivitas.

Nadi Shodana. Latihan pernapasan ini dilakukan untuk menyatukan dua sisi otakmu, sehingga kamu menjadi tenang dan pikiranmu seimbang. Caranya tidak sulit. Hanya menarik napas perlahan-lahan dengan menutup satu lubang hidung dan membuang napas sambil menutup lubang hidung yang lain. Lakukan latihan pernapasan ini kapan pun kamu ingin fokus untuk mengerjakan sesuatu. 

Nah, itu dia empat pernapasan yang bisa menjauhkanmu dari stres akibat banyaknya pekerjaan di kantor. Sebaiknya lakukan keempat teknik ini rutin setiap hari. Agar manfaatnya bisa kamu dapat bagi kesehatan. Kamu juga bisa melakukan latihan ini di mana pun kamu berada. Asalkan posisimu nyaman dan lingkunganmu tenang. 

Baca juga: Pixel Thoughts, Situs Canggih yang (Katanya) Bisa Redakan Stres

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading