Sukses

Lifestyle

4 Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Menyilangkan Kaki Saat Duduk

Fimela.com, Jakarta Saat dalam posisi duduk, beberapa orang memilih menyilangkan kaki untuk memberikan kenyamanan seseorang saat duduk. Namun, tanpa disadari, ternyata kenyamanan tersebut hanya kesemuan belaka. Di balik kenikmatan menyilangkan kaki, rupanya menyimpan segudang efek buruk yang bisa berpengaruh pada kesehatanmu. Nggak cuma kesehatan kaki, namun juga dimulai dari leher.

Satu kaki yang tertumpu di kaki lainnya ternyata memberikan tekanan-tekanan yang bisa merusak saraf. Hmmm.. Selain itu, masih ada beberapa penjelasan mengapa menyilangkan kaki adalah kebiasaan buruk yang harus dihilangkan. Berikut ulasannya. Check this one!

1. Meningkatkan tekanan darah sementara. Banyak penelitian skala kecil dilakukan untuk membuktikan hal ini. Kebanyakan penelitian mengatakan bahwa kebiasaan menyilangkan kaki bisa meningkatkan tekanan darah, namun hanya bersifat sementara. Sebuah penelitian menyebutkan, menyilangkan kaki dapat meningkatkan tekanan dadar sistolik sebesar 7% dan diastolik 2%.

Meningkatkan tekanan darah. (Via: doctormurray.com)

2. Menyebabkan sakit punggung dan leher. Menurut Vivian Eisenstadt, salah satu ahli terapi fisik, saat seseorang sering menyilangkan kaki, hal tersebut bisa meningkatkan sakit leher dan punggung. Pinggung yang sedikit bengkok bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada panggul. Hal tersebut akan memberikan tekanan pada tulang belakang yang berpotensi nyeri punggung dan sakit leher di kemudian hari.

Sakit leher. (Via: piedmontpmr.com)

3. Berpotensi varises. Beberapa ahli percaya bahwa genetika, paparan sinar matahari, dan berdiri terlalu lama dapat menyebabkan varises. Namun, sebagian memercayai bahwa persilangan kaki saat duduk bisa menjadi faktor lain. Dr. Hooman Madyoon, seorang ahli jantung di Cedars Sinai Medical Center, mengatakan bahwa menyilangkan kaki meningkatkan tekanan pembuluh darah yang bertugas mengembalikan darah kembali ke jantung, Tekanan satu kaki menghambat aliran darah yang bisa melemahkan bahkan merusak pembuluh darah di kaki. Sehingga darah dapat berkumpul di kaki dan menyebabkan varises.

Varises. (Via: myhealth.alberta.ca)

4. Menyebabkan kerusakan saraf. Saraf sciatic merupakan saraf terbesar dalam tubuh manusia. Saraf tersebut membentang dari punggung bawah hingga ke kaki. Menurut Mayo Clinic, Setiap tekanan yang terjadi saat kaki disilangkan bisa menyebabkan mati rasa dan kesemutan. Hal ini, tanpa disadari bisa merusak saraf. Jika demikian, maka kaki akan mati rasa dalam jangka panjang.

Kerusakan saraf. (Via: webmd.com)

Untuk menghindari kebiasaan menyilangkan kaki saat duduk, mungkin kamu bisa meluangkan waktu setiap 30 menit untuk berjalan, atau duduk di kursi yang bisa menopang tubuhmu dengan baik. Dari mulai kepala hingga ujung kaki. So, mulai sekarang hindari untuk melipat kaki, ya, Gangs! :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading