Sukses

Lifestyle

Resep Mudah Membuat Camilan Khas Sunda

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak suka mengonsumsi camilan? Dalam mengerjakan tugas atau pun menonton film, rasanya camilan menjadi teman yang wajib ada, apalagi jika camilan itu adalah camilan khas Sunda yang sudah terkenal enak dengan sensasi rasa sedikit pedas. Daripada kamu repot keluar rumah dan mencari penjual ketika lagi ngidam, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri karena camilan khas Sunda cukup mudah dibuat. Selain lebih murah dan sehat, kamu juga dapat mengasah kemampuan memasak, loh! Salah satu camilan khas Sunda yang mudah dibuat adalah Kecimpring.

Kecimpring adalah kerupuk yang menggunakan singkong sebagai bahan utamanya. Untuk membuatnya, kamu hanya membutuhkan singkong dan bawang putih yang diparut serta daun bawang serta cabai keriting yang diiris halus dan garam secukupnya. Sebelum membuatnya, campur semua bahan tersebut dan bentuk hingga menjadi potongan-potongan tipis. Setelah itu kukuslah potongan tipis ini hingga singkong menjadi berwarna bening. Kemudian potongan yang telah dikukus dijemur hingga benar-benar kering, barulah potongan ini digoreng dengan minyak hingga matang. Kecimpring ini biasanya diberi bumbu lagi sesuai selera.

 

A photo posted by Vera Destya Puspaloka (@veveraya) on

Cireng atau aci digoreng. Untuk membuat cireng, pertama-tama dibutuhkan biang dulu yang terbuat dari campuran tepung sagu dan air yang dipanaskan hingga mengental. Barulah selanjutnya biang ini dicampurkan dengan bahan lain seperti garam, merica, bawang putih, dan tambahan tepung sagu. Tepung sagu yang dipakai tergantung dari adonan, jika adonannya terlalu basah maka masukkan tepung sagu kembali. Setelah adonan jadi, bentuk sesuai dengan selera kamu dan goreng dalam minyak panas dan tiriskan. Cireng bisa dinikmati begitu saja atau dengan tambahan saus sambal.

 

A photo posted by @anitajoyo on

Cimol atau yang merupakan singkatan dari aci digemol. Cara membuat cimol mirip dengan pembuatan cireng, hanya saja tepung sagu yang ada pada cireng diganti dengan tepung kanji dan cimol memakai sedikit tepung beras. Cimol biasanya berbentuk bulatan kecil-kecil dan sering dinikmati dengan bumbu bubuk yang biasa ditemui di supermarket, meski ada juga yang menggunakan saus sambal untuk memakan cimol. Itu adalah beberapa resep camilan khas Sunda yang cukup mudah untuk kamu buat di rumah. Tentu saja kamu juga bisa mengkreasikan berbagai menu ini sesuai dengan selera sendiri atau kamu juga bisa mencoba berbagai resep camilan asal Jawa Barat lainnya. (M. Sufyan)

 

A photo posted by Andara Dena Puteri (@andaraden) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading