Sukses

Lifestyle

9 Potret Menyayat Hati untuk Renungan di Hari Pengungsi Sedunia

Fimela.com, Jakarta Tepat kemarin, Senin (20/6), masyarakat Bumi memperingati Hari Pengungsi Sedunia. Jika kembali menoleh ke masa setahun belakangan, berbagai 'drama' kerap menghiasi kehidupan para pengungsi. Mulai dari yang bernasib malang seperti Aylan Kurdi, hingga sejumlah keluarga yang berhasil mendapat rentangan tangan di Jerman.

Berdasarkan data United Nations yang dimuat Buzzfeed, setidaknya 1 dari 113 orang di dunia telah menjadi pengungsi. Hingga kini, tercatat total 65 juta orang yang telah hidup tanpa rumah permanen. Mungkin kamu pun masih ingat soal krisis pengungsi yang melanda Eropa sejak pertengahan tahun lalu.

Bukan hanya orang dewasa. Menurut United Nations High Commission for Refugees, 41% pengungsi di dunia merupakan anak-anak. Karena pada dasarnya, para pengungsi tak diatur hanya di satu sudut Bumi, satu etnis, maupun satu warna kulit.

Mereka telah mengambil risiko dengan 'membelah' Mediterania. Seakan mengacuhkan fakta yang dimuat International Organization for Migration bahwa 2.859 orang hilang atau meninggal selama perjalanan. Masih terkait Hari Pengungsi Sedunia, berikut sejumlah potret menyayat hati dari para imigran.

Menyelamatkan diri dari perahu yang tenggelam di Rhodes, Yunani.. | via: Loukas Mastis/EPAPengungsi asal Sudan Selatan. (Jerome Delay/AP)Tak mengenal cuaca, para pengungsi terus berpindah untuk temukan rumah baru. (Vadim Ghirda/AP)Pengungsi asal Ukraina. (Gleb Garanich/Reuters)Pengungsi asal Myanmar. (Rafiquar Rahman)Pengungsi asal Suriah. (Zohra Bensemra/Reuters)Menyeberangi Laut Mediterania. (Santi Palacios/AP)Terjadi keributan antara pengungsi dengan petugas kepolisian di perbatasan Makedonia. | via: Darko Vojinovic/Associated PressSeorang perempuan mencari keluarganya di Makedonia. | via: Boris Gradanoski/Associated Press

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading