Sukses

Lifestyle

Good News Today: Batubara, Berkebun, Tol

Fimela.com, Jakarta Seorang peneliti Indonesia bernama, Yeni Sofaeti mencoba mencari permasalahan batubara dengan masalah lingkungan ini. Ia mencari cara agar keduanya bisa berjalan seiringan tanpa harus saling merugikan.

Atas dasar itulah, ia fokus pada penelitian teknologi pemanfaatan batubara di sektor UMKM, sehingga ketergantungan terhadap energi fosil bisa berkurang. Salah satu teknologi batubara bersih yang dikembangkan Yeni adalah teknologi konversi melalui gasifikasi.

Bersama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (Puslitbang TekMIRA), Yeni melakukan rancang bangun gasifier sejak 2010.

Kegiatan tersebut didasari dari permintaan industri kecil yang menginginkan energi alternatif yang bersih, nyaman, dan ekonomis. Kemudian, rancang bangun gasifier mini berbahan bakar batubara ini disebut dengan GasMin.

Proses gasifikasi batu bara untuk skala industri kecil dan menengah (Sumber: Istimewa)

Melakukan kegiatan berkebun merupakan suatu hal positif bagi anak, dengan melatihnya berkebun, anak jadi banyak mengetahui hal kehidupan yang didapat dari kegiatan tersebut.

Salah satu hal kehidupan yang bisa diambil yaitu belajar bertanggung jawab, dengan mengajak anak membeli bibit lalu menanamnya sendiri, kemudian biarkan anak melatih kesabaran dan tanggung jawab untuk menjaga dan menyiram tanaman.

Jangan lupa ingatkan anak untuk disiplin dan mencabut rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman. Di kemudian hari anak-anak dapat memperoleh rasa kepuasan dari merawat sesuatu dari waktu ke waktu.

Manfaat berkebun

PT. Jasa Marga (Persero) Jakarta-Cikampek umumkan pelarangan angkutan bermuatan tonase untuk melewati ruas tol maupun jalan biasa pada Jumat (9/9) hingga Senin (12/9) pukul 24.00 Wib, jelang Hari Raya Idhul Adha 2016/1437H.

Seperti yang dikutin Antara, "Pelarangan ini dilakukan pada delapan provinsi diantaranya Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali," kata Humas Jasa Marga Bekasi, Kabupaten Bekasi, Iwan Aprianto di Kabupaten Bekasi, Rabu.

Menurut dia, pelarangan ini bertujuan agar tidak terjadi kemacetan panjang dan agar mudah untuk melakukan simulasi lalu lintas di ruas jalan tol dari arah Jakarta menuju daerah yang dituju oleh pemudik.

Kepadatan selepas Gerbang Tol Cikarang Utama arah Jakarta dan sebaliknya. (@RadioElshinta)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading