Sukses

Lifestyle

Berkekuatan 6,5 SR, Gempa Subang Terasa di Sejumlah Daerah

Fimela.com, Jakarta Berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR), gempa yang berpusat di 120 kilometer timur laut kota Subang, Jawa Barat, juga terasa di sejumlah wilayah terdekat. Berdasarkan laporan Liputan6.com, getaran gempa dengan kedalaman 654 kilometer itu turut dirasakan di Jakarta, Pacitan, Trenggalek dan Bantul.

"Itu kan kalau gempa dalam meskipun skala Richter-nya besar pas ke permukaannya munculnya jadi kecil dan itu tak selalu dirasakan oleh orang-orang di sekitarnya. Bisa jadi dirasakan oleh orang yang jauh dan sangat berhubungan dengan kondisi bebatuannya," ucap Kepala Pusat PVMBG Kasbani saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (19/10).

Ilustrasi gempa. (Liputan6.com)

Terjadi sekitar pukul 07.25 WIB, gempa tersebut, sebagaimana diwartakan Liputan6.comtak menimbulkan kerusakan. Keterangan tersebut selaras dengan penjelasan Kepala Seksi Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Budiman, yang mengatakan hingga kini belum diketahui adanya kerusakan.

"Sampai detik ini belum ada dampak gempa Subang yang dilaporkan," katanya lewat pesan singkat kepada Liputan6.com. Meski tak menimbulkan kerusakan, PVMBG tetap mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat, juga tak terpancing isu tak bertanggung jawab terkait gempa bumi dan tsunami.

Kabupaten Subang, Jawa Barat, diguncang gempa berkekuatan 6,5 skala Richter (SR). (Via: istockphoto.com)

Sementara itu, salah seorang warga Subang, Triseu Nurul Yulia, bahkan mengaku tak merasakan apapun saat gempa terjadi. "Nggak ngerasa apa-apa. Tadi pas kejadian lagi nunggu anak di TK ini," katanya lewat sambungan telepon.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa Subang

What's On Fimela
Loading