Sukses

Lifestyle

Belajar Hidup Sederhana dari Masyarakat Denmark

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tentunya memiliki cara pandang yang berbeda tentang kebahagiaan, ada yang berpikir kebahagiaan itu adalah saat dimana sudah bisa hidup mapan, namun ada pula orang yang berpikiran bahwa kebahagiaan tidak dilihat dari banyaknya harta benda yang dimiliki. Bingung? Ada baiknya kamu coba menoleh sejenak ke kehidupan masyarakat Denmark.

Rasanya tak salah apabila masyarakat di dunia melihat cara hidup masyarakat Denmark, pasalnya PBB pun telah menempatkan Denmark sebagai negara paling bahagia di dunia ini. Lalu apa rahasianya masyarakat Denmark bisa hidup bahagia? Bisa dibilang Hygge adalah kunci rahasia kehidupan bahagia negara Denmark.

Hygge dapat diartikan sebagai hidup sederhana bersama orang-orang kesayangan. Ya, tak perlu hidup bermewah-mewah karena hal yang terpenting adalah kamu bisa hidup bahagia bersama orang-orang tercinta. Mike Wiking, CEO Happiness Research Institute Kopenhagen dalam bukunya yang berjudul The Little Book of Hygge sempat menjelaskan tentang Hygge.

Belajar Hidup Sederhana dari Masyarakat Denmark. (Foto: newshour-tc.pbs.org)

"Ketika aku menyelesaikan penelitian, poin penting yang aku dapatkan dari kunci kebahagiaan adalah kebersamaan dan bagaimana cara kita membangun hubungan sosial," ujar Wiking dalam bukunya. Masyarakat Denmark akan memiliki waktu lebih banyak untuk berkumpul bersama keluarga atau orang-orang yang mereka sayang.

Konsep Hygge sendiri bisa terlihat dalam setiap kehidupan di Denmark, mulai dari kuliner, fashion, hingga interaksi di tempat kerja dan interaksi keluarga. Pemahaman tersebutlah yang membuat warga Denmark menjaga kualitas hubungan mereka dengan keluarganya, mereka tidak akan membiarkan hal-hal lain merusak kebahagiaan tersebut, seperti masalah rokok ataupun alkohol.

Belajar Hidup Sederhana dari Masyarakat Denmark. (Foto: independent.co.uk)

Bahkan warga Denmark juga jarang sekali memeriksa ponsel mereka lho. Mereka tidak menghabiskan waktu berjam-jam untuk memeriksa atau memposting segala sesuatu di media sosial. Daripada main media sosial, mereka lebih suka bersantai di taman, piknik, membaca buku, serta main bersama keluarga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading