Sukses

Lifestyle

Kapan Waktu Terbaik Untuk Makan Siang?

Fimela.com, Jakarta Istilah istirahat makan siang sudah jadi hal yang lazim di negara mana pun, termasuk di Indonesia. biasanya jam istirahat di sebuah tempat kerja adalah jam 12 sampai jam 1 siang. Waktu itu kerap diidentikkan dengan waktu makan siang. Meski begitu, terkadang kita suka melupakan atau melewati makan siang, dengan alasan banyak tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan.

Bagi kamu yang bekerja dari pagi sampai malam, biasanya makan siang adalah satu hal yang sering dilupakan. Makan siang sering dianggap sebagai sesuatu yang sepele, karena kita merasa bisa menggantinya ketika sampai di rumah atau di jam lain. Tapi ternyata, hal ini tidak bisa dibenarkan.

Pengunjung antre membeli makanan bernuansa melayu di Mini Plaza Ramkhamhaen 59, Bangkok Thailand, Jumat (16/12). Menu makanan bernuansa islami tersebut dijual dikisaran 40 hingga 50 bath atau setara Rp 18.000,-. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Seperti dilansir dari liputan6.com, sebuah penelitian yang terdapat dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa batas waktu untuk makan siang adalah sebelum jam 3 sore. Apa alasannya? Makan siang sebelum jam 3 sore terbukti bisa menurunkan berat badan kita.

Secara ilmiah, rasa lapar dikendalikan oleh ritme sirkadian atau jam internal tubuh, sehingga ketika makan ditunda, tubuh akan lebih sulit memproses kalori yang masuk.

Apakah Anda termasuk ke dalam tipe pemakan emosional? Atau habitual? Intip cara atasi pola makan Anda agar tubuh lebih sehat.

Penggambarannya bisa seperti ini, ketika kita menunggu untuk merasa lapar, sepiring salad akan terlihat kurang menarik dibanding sepiring kue manis yang ada di atas meja kerja kita, bukan? Jadi apakah makan siang sebelum jam 3 sore benar-benar menjamin penurunan berat badan? Ternyata tidak juga.

Hal itu kembali lagi pada asupan kalori yang kita konsumsi dalam sehari dan aktivitas apa saja yang kita lakukan. Karena kedua hal tersebut merupakan faktor yang penting. Jadi, sebaiknya kita jangan sampai melewatkan makan siang dan perhatikan makanan yang kita konsumsi.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading