Sukses

Lifestyle

Ibunya Meninggal, Bocah Ini Asuh Sang Adik Sambil Bersekolah

Fimela.com, Jakarta Mengenakan kaus ungu, ada pemandangan berbeda yang diperlihatkan Mateo Bano, siswa kelas lima di sekolah dasar J. Blanco, Mindanao, Filipina. Lewat potret yang diunggah pengguna Facebook dengan username, Shyla Mie Brillantes Blasico, Mateo terlihat menulis sambil memangku balita yang diketahui sebagai adiknya.

Shyla, sang pengunggah sekaligus guru di tempat Mateo bersekolah menjelaskan, hal ini harus dilakukan bocah berusia sembilan tahun tersebut selepas sang ibu meninggal akibat kehamilan ektopik tahun lalu. Datang dari keluarga tak mampu, ayah mereka harus bekerja sebagai tukang kayu di kota lain, Surallah, untuk menompang kehidupan.

Mateo Bano mengasuh adik sambil bersekolah. (Shyla Mie Brillantes Blasico/Facebook)

Ia juga memaparkan, Mateo tak pernah ingin bolos sekolah. Karenanya, ia membawa adik lelakinya ke sekolah dan memangkunya selama pelajaran berlangsung. Merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, tugas menjaga adik kecilnya ini dibagi Mateo dengan sang kakak.

Berdasarkan penuturan Shyla, Mateo sangat bersyukur karena para guru mengizinkannya membawa sang adik, bahkan hingga ke dalam kelas. Keduanya juga mendapatkan makan siang di sekolah sebagai bagian dari program pemberian makanan gratis oleh Departemen Pendidikan di Filipina.

Mateo Bano mengasuh adik sambil bersekolah. (Shyla Mie Brillantes Blasico/Facebook)

Sejak Shyla mengunggah dan foto Mateo viral, banyak orang berdatangan untuk menawarkan bantuan berupa uang. Namun Shyla dan rekan-rekan guru telah memutuskan untuk tidak mengambil uang tersebut, lantaran khawatir dituduh mengambil keuntungan dari kesulitan yang dialami Mateo dan keluarganya. Sebagai ganti, Shyla menyarankan mereka yang ingin membantu dengan cara mengirimkan makanan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading