Sukses

Lifestyle

Jangan Lakukan 3 Hal Ini Habis Makan!

Fimela.com, Jakarta Bukan cuma satu, tapi makan ternyata merupakan serangkaian aktivitas. Kebanyakan orang mengira, makan cuma sebuah aktivitas yang lepas dari aktivitas lainnya. Tapi, girls, makan ternyata sangat erat kaitannya dengan semua aktivitas, baik sebelum dan sesudah makan. Soalnya, aktivitas makan ini sebenarnya adalah sebuah proses, dengan berbagai organ pencernaan, mulai dari gigi saat mengunyak makanan, hingga proses pembuangan sisa makanan. 

Nah, kalau kamu melakukan kesalahan baik sebelum atau sesudah, mungkin kamu akan merasakan efeknya. Efek ini tergantung dari aktivitas-aktivitas tersebut. Misalnya, sebelum makan, kamu nggak cuci tangan terlebih dahulu. Meskipun kamu makan sendok dan garpu, kamu tetap harus mencuci tangan sebelum makan. Soalnya, tanganmu yang penuh dengan kuman dan bakteria akan menempel pada sendok dan piring. 

Nah, bisa juga kamu menyentuh makanan atau, bagian piring dan sendok yang terkontaminasi menyentuh makanan yang kamu makan. Selain hal ini juga, ada sederet aktivitas yang nggak boleh kamu lakukan setelah makan. Biar kamu nggak celaka, lebih baik simak bahasan di baawah ini. 

1. Merokok. Kamu mungkin sering melihat orang-orang yang merokok setelah makan. Ternyata, ini sangat berbahaya, lho. Dilansir dari the Crazy Facts, rokok mengandung paling nggak 60 karsinogen yang bisa memicu munculnya sel kanker. Selain itu, ketika kamu merokok setelah makan, kandungan yang beracun dari rokok itu meningkat hingga 10 kali lipat. 

Kampanye anti rokok ini menyadarkan bahwa sesuatu yang vital dalam tubuh akan hilang jika kamu tak segera berhenti. (Via: logoaday.co)

Tapi, akan lebih baik kalau kamu berhenti merokok, sih. Karena, rokok itu mengandung banyak banget racun di dalamnya. Lagian kamu yang merokok pasti mengeluarkan lebih banyak uang. Coba, bayangkan saja, berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk rokok selama satu bulan? Dari pada dipakai untuk membeli rokok, lebih baik disimpan untuk membeli buah atau sayur-sayuran agar kamu lebih sehat. 

2. Makan buah. Buah itu memang sehat. Tapi, kalau dimakan sebelum makan, lho. Bukan sesudah. Kebanyakan orang menganggap buah itu sebagai pencuci mulut. Usai makan makanan pedas dan gurih, memang enak rasanya makan makanan penutup seperti puding dan juga buah. Tapi sayang, makan buah setelah makan justru nggak baik, lho. 

Sertakan setidaknya satu jenis sayuran setiap makan dan tiga buah setiap harinya. (Via: indiatimes.com)

Soalnya, buah itu salah satu makanan yang paling mudah untuk dicerna oleh tubuh. Perjalanan buah dari mulut hingga masuk ke usus kecil itu cuma butuh waktu 20 menit. Kecuali pisang dan kurma. Selain itu, semua buah lainnya lebih cepat dicerna. Nah, kalau kamu makan buah setelah makan makanan utama, buah itu akan terhambat perjalanannya gara-gara makanan utama. Akhirnya, buah yang terlalu lama ada di lambung akan membusuk. Buah yang busuk juga akan membuat makanan yang kamu makan membusuk. Ih!

3. Teh dan kopi. Banyak banget orang yang minum teh usai, bahkan pada saat makan. Baik makan makanan di warung lesehan, maupun di restoran. Ternyata, hal ini nggak baik, lho. Soalnya, teh dan kopi, kalau dikonsumsi sendiri, memiliki khasiatnya masing-masing. Para ahli nutrisi mengatakan, lebih baik minum teh 1 jam setelah kamu makan. Begitu juga dengan kopi. 

Teh Kayu Manis. foto: antaranews

Nah, kalau mau, kamu lebih baik minum teh pada pagi hari, pada saat perut masih kosong. Atau pada sore hari, sekitar jam 3. Jangan sambil ngemil juga, ya. Oh, iya jangan lupa untuk mengurangi konsumsi gula. Kalau bisa, minum teh itu dengan air hangat dan nggak pakai gula sama sekali. Selain menyehatkan, kamu juga bisa mendapat manfaat lainnya, seperti membakar lemak tubuh, terutama kalau kamu minuh teh hitam dan hijau. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading