Sukses

Lifestyle

Gaji 3 Jutaan, Begini Caranya Nabung Biar Uang Nggak Habis Terus

Fimela.com, Jakarta Kamu yang baru lulus kuliah lalu bekerja sebagai fresh graduate, biasanya mendapatkan gaji awal yang cukup untuk kehidupanmu sehari-hari. Tapi, yang namanya anak muda, kamu pasti masih suka nongkrong dan mencoba berjalan-jalan ke luar kota atau bahkan negeri. Tapi, sayangnya, gaji 3 jutaan kadang nggak cukup buat melakukan semua yang kamu mau. 

Jangankan traveling dan nongkrong di kafe-kafe gaul. Gaji yang setiap bulannya kamu terima bahkan habis begitu saja meskipun kamu nggak merasa sudah menghabiskannya untuk nongkrong dan hura-hura bersama teman. Padahal, nabung itu merupakan keharusan, lho. Kamu nggak mau, kan, bokek di tanggal tua dan akhirnya pinjam uang ke orangtua? 

Tapi, gaji 3 jutaan, memangnya bisa menabung? Buat nongkrong saja kurang, apa lagi buat menabung? Eh, jangan salah, gaji berapa pun bisa menabung, girls. Kamu cuma butuh beberapa tahap dan memilih cara yang paling cocok dengan keuanganmu saat ini. 

1. Dilansir dari Tunaiku.com, kamu harus tahu dulu berapa kebutuhan kamu selama sebulan. Mulai dari makan, jajan, ongkos sampai bayar utang dan juga tagiahn-tagihan. Nah, kan sudah ada sisanya, simpan dulu sisanya. Pastikan, sisanya itu nggak kurang dari 50%. 

Penyebab Sulit Menabung (Foto: thehunt.com)

2. Nah, sekarang buat list, apa saja yang ingin kamu lakukan. Misalnya, nongkrong, belanja baju-baju, keperluan make up, hingga melakukan hobimu. Hitung semuanya. Sekarang, pastikan nggak melebihi uang sisa. 

3. Nah, jangan senang dulu karena semua kebutuhan dan juga hobimu terpenuhi. Karena, kadang hobimu itu agak mahal, girls. Sehingga, kamu cuma punya uang sisa untuk ditabung sangat sedikit. Jadi, lebih baik kamu mengurangi rencana untuk nongkrong dan juga jajan bersama teman-teman. Ya, agak nggak enak sebentar demi menabung lebih banyak, kan, nggak ada salahnya juga. 

Tak hanya sebagai tempat nongkrong, cafe-cafe unik selalu ramai karena dijadikan sebagai spot selfie atau fotografi (shutterstock)

4. Pastikan, uang yang tersisa untuk ditabung nggak kurang dari 25%, ya, girls. Kalau kurang, kamu harus mencari cara untuk menambahkannya. Pertama, kamu bisa mengurangi biaya jajan. Kalau masih juga belum cukup, kamu harus 'putar otak' untuk mencari uang tambahan. 

Ada banyak banget pekerjaan sambilan yang bisa kamu lakukan. Misalnya, kamu yang suka menulis, bisa ikut lomba atau juga freelance secara online. Kamu yang bisa bahasa Inggris bisa menawarkan anak-anak kecil untuk belajar bahasa Inggris secara privat. Jangan patok harga tinggi dulu kalau kamu masih baru sebagai guru. Tapi juga jangan sampai rugi karena kamu juga perlu ongkos dan tenaga untuk mengajar. Jadi initinya, uang 325% dari semua gajimu itu harus kamu tabung. Pastikan semua kebutuhanmu terpenuhi, baru memikirkan hobi dan juga kongkow bersama teman, ya girls. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading