Sukses

Lifestyle

Tak Mau Mengemis, Kakek Tua Ini Jualan Sabun dengan Sepeda Ontel

Fimela.com, Jakarta Ada begitu banyak orang-orang yang bersabar menunggu orang lain.Tapi kadang lupa untuk bersabar dengan diri mereka sendiri. Malah, banyak banget orang yang mengeluhkan keadaan mereka. Sementara masih banyak orang yang papa tapi masih mau berjuang dan bekerja keras

Seperti Mbah Tonin, kakek berumur 103 tahun, yang nggak pernah patah semangat berkeliling sambil menjual sampo dan sabun di Magelang. Usianya yang sudah tua dan fisik yang tak lagi sekuat anak muda tak menyurutkan semangatnya untuk bekerja dan mencari uang. 

Sepeda ontel tuanya setia menemani Mbah Tohari setiap hari. Dilansir dari Liputan6, dia tak pernah mengeluh menghampiri berbagai toko kelontong. Mbah Tohari memang sudah sangat tua dan tak lagi sanggup mengayuh ontelnya. Sehingga, dia cuma bisa menuntun sepeda tua yang penuh dengan kardus berisi dagangannya. 

Mbah Tohari menuntun sepada ontelnya sambil berjualan | Sumber Foto: facebook.com/sucilupa

Melihat kakek ini, banyak orang di Magelang yang ingin membantunya. Beberapa orang bahkan memberikan sedikit uang buat Mbah. Tapi, Mbah menolaknya. Dia cuma mau dagangannya dibeli, dan itu sudah lebih dari cukup buatnya. 

Hati siapa yang tak terketuk melihat semangat Mbah Tohari? Pemilik akun Facebook bernama Suci N Cahyani kemudian menceritakan kisah kakek ini di statusnya. Bersama dua foto Mbah Tohari, Suci bercerita kalau dia hampir setiap hari melihat Mbah Tohari di kawasan Kawatan. Dia jugabercerita, ternyata Mbah Tohari tinggal di Mertoyudan Magelang. 

Mbah

Suci juga mengajak netizen untuk membantu Mbah Tohari. Tapi bukan dengan memberikannya uang tanpa membeli barangnya. Tapi bantuan lain yang membuat Mbah lebih senang. Seperti menyeberang jalan, atau membeli dagangannya. 

Kisah Mbah Tohari memang sangat menyentuh. Banyak orang yang kasihan, namun Mbah Tohari justru cuma ingin dagangannya dibeli orang. Meskipun dia sudah tua dan tak punya banyak tenaga, dia tak ingin menyusahkan orang lain, dan tak ingin mengemis. Dia masih ingin berusaha dan bekerja hingga akhir hidupnya. Kamu yang masih muda dan punya banyak tenaga, masihkah mengeluh dan bermalas-malasan di rumah? Jadilah seperti Mbah Tohari yang sabar dengan dirinya sendiri, dengan tidak pernah mengeluh, atau ingin mendapatkan uang instan. Bekerja keras akan membuat masa depanmu cerah. Dan, jangan lupa untuk membantu sesama. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading