Sukses

Lifestyle

Gempa? 3 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Kejadian

Fimela.com, Jakarta Gempa dirasakan oleh masyarakat disekitar Gunung Kidul, Yogyakarta pada Jumat (14/7/2017), malam. Gempa bumi tersebut berkekuatan 4,2 skala richter (SR). Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada Jumat (14/7/2017) pukul 23.05 WIB.

Gempa berada di 79 Km sebelah barat daya Gunung Kidul. Lokasi gempa berada pada titik koordinat 8.74 Lintang Selatan (LS) dan 110.55 Bujur Timur (BT), sedangkan pusat gempa berada pada kedalaman 30 Km.

Sebelum ada gempa lagi ada baiknya kamu mempersiapkan diri. Ya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kerusakan atau adanya korban luka dari dampak gempa bumi tersebut. Beberapa hal tersebut adalah:

1. Kamu harus paham betul soal rumahmu. Mana bagian yang akan mudah runtuh ketika gempa, dan bagian yang aman untuk berlindung saat gempa terjadi. Hal tersebut dilakukan supaya saat gempa terjadi kamu tidak terkena runtuhan benda-benda, mulai dari kipas angin, lampu hias, dan sebagainya.

Kamu harus paham betul soal rumahmu. (Ilustrasi: bayarearetrofit.com)

2. Nggak bisa keluar rumah? Carilah tempat berlindung yang aman di dalam rumah, kamu bisa berlindung di bawah meja atau perabot yang cukup kuat. Jangan keluar rumah jika keadaan belum aman.

Nggak bisa keluar rumah? Carilah tempat berlindung yang aman di dalam rumah. (lustrasi gempa: YouTube.com)

3. Kamu dan keluargamu harus memiliki satu tempat untuk berlindung. Sebelum gempa terjadi tentukan di mana ruangan yang aman, jadi jika gempa benar-benar terjadi, kamu dan anggota keluarga yang lainnya dapat langsung menuju tempat aman tersebut.

Cari tempat berlindung yang aman saat gempa terjadi. (Foto: foundationtechnology.com)

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan saat gempa terjadi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

Loading