Sukses

Lifestyle

Satelit Telkom 1 Alami Gangguan, Ini Keterangan Pihak Terkait

Fimela.com, Jakarta Ribuan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik sejumlah bank nasional seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA offline pada Jumat dan Sabtu (25-26/8/2017) kemarin. Sontak, banyak nasabah yang kesulitan melakukan transaksi melalui mesin ATM. Dilansir dari Liputan6, hal ini disebabkan karena adanya anomali pada satelit Telkom 1 pada Jumat, pukul 16.51. WIB. 

Hal ini, tentu saja membuat banyak orang khawatir, apa lagi pada Sabtu, transaksi bank lebih mudah dilakukan melalui ATM karena sejumlah bank tutup ada akhir pekan. 

Pihak Telkom pun memberikan pernyataan dan juga permohonan maaf melalui situs resmi mereka. Pihak terkait menyatakan, anomali ini disebabkan pergeseran pointing antena satelit Telkom 1 sehingga semua layanan transponder satelit Telkom 1 terganggu. 

Stasiun Pengendali Satelit Telkom di Bogor. (Liputan6.com/Corry Anestia)

Namun, masyrakat sebenarnya tak perlu panik. Soalnya, pihak Telkom menyatakan, mereka sudah melakukan perbaikan yang dilakukan Telkom dan Lockheed Martin. Selama melakukan perbaikan, pihak mereka juga melakukan pengalihan sejumlah pelanggan ke transponder satelit Telkom 3S dan satelit lainnya. 

Selain itu, pihak Telkom juga meminta maaf atas gangguan satelit Telkom 1 dan ketidaknyamanan kepada semua pelanggan. "Atas kejadian ini Telkom menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat khususnya para pelanggan yang terganggu," tulis pihak Telkomsel pada situs resminya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading