Sukses

Lifestyle

Muda-muda Sudah Pelupa, Mungkin Otakmu Perlu 8 Olahraga Ini

Fimela.com, Jakarta Otak manusia adalah 'alat' yang kecanggihannya melebihi teknologi manapun di dunia, namun seiring bertambahnya usia, biasanya kemampuan otak semakin menurun. Nggak heran kalau semakin tua, seseorang akan jadi semakin mudah lupa. Tapi, kalau masih muda sudah pelupa, itu lain cerita.

Jika usiamu sekarang ini masih 20-an dan kamu sudah tampak sering lupa, bisa jadi itu karena kerja otakmu nggak maksimal. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena stres.

Kepada Liputan6.com, dr Agus C Anab, SpBS dari tim medis Comprehensive Brain and Spine Centre National Hospital membeberkan beberapa 'olahraga' yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan fungsi otak agar kamu nggak gampang lupa. Menurutnya, cara-cara ini cocok dilakukan untuk siapa saja. Salah satu olahraga tersebut adalah dengan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan spiritualitas. Misal; berdoa dan beribadah.

Berdoa dan beribadah dapat membuat hormon stres berkurang sehingga otak jadi berelaksasi dan segar kembali. Selain itu, ada 8 jenis olahraga lain yang bisa menyembuhkan kamu dari penyakit gampang lupa. Apa saja olahraga tersebut? Simak di bawah ini!

1. Baca buku

Dibandingkan menonton tv atau mendengarkan radio, membaca lebih ampuh dalam menstimulasi fungsi otak agar memperkuat memorinya.

2. Main game

Khususnya permainan yang membutuhkan strategi seperti caatur, scrabble, atau teka-teki silang. Nggak disangka, kan, main game seperti itu ternyata bisa bikin kita terbebas dari kepikunan dini?

3. Keluar dari rutinitas

Fungsi otak yang sangat besar harus dimanfaatkan dengan sangat baik. Jangan terpaku pada rutinitas. Terpaku pada rutinitas akan membuatmu sebagian fungsi otak lainnya terabaikan sehingga fungsinya pun berkurang. Kalau kamu sudah merasa sering lupa, itu sinyal dari otak agar kamu segera mengambil rehat dari rutinitas. Coba deh lakukan hobimu, pergi liburan, dll.

4. Belajar bahasa asing

Belajar bahasa asing juga patut dicoba! Sebab ini dapat menstimulasi fungsi otakmu agar terus bekerja secara maksimal.

5. Main musik

Mendengarkan musik saja kurang cukup untuk mengasah kemampuan otak. Cobalah bermain alat musik dan ikut bernyanyi. Nggak apa-apa suara nggak mumpuni, yang penting otakmu bisa refreshin dan kamu jadi nggak gampang lupa.

6. Utak-atik gawai

Contohnya, ponselmu. Jangan cuma dipakai untuk chatting dan main sosmed, coba cari tahu fungsi lainnya seperti misal; untuk bikin foto, video, dan lain sebagainya.

8. Menulis dengan tangan kiri

Meski kamu nggak kidal, coba menulis dengan tangan kiri sesekali. Ini bagus untuk menjaga keseimbangan otakmu.

Kedepalan olahraga ini sebenarnya adalah kegiatan sederhana yang merupakan bagian dari kehidupanmu sehari-hari, namun ternyata memiliki manfaat besar bagi otak, terutama buat mengatasi lemahnya memorimu dan bikin kamu jadi pelupa di usia muda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading