Sukses

Lifestyle

Gerhana Bulan Ada Kaitannya dengan Gempa 24 Januari 2018?

Fimela.com, Jakarta Sejak Selasa (23/1/2018) lalu, Ibu Kota Jakarta ikut terkena dampak gempa yang terjadi di Provinsi Banten. Selain itu gempa 24 Desember 2018 juga menyebabkan kepanikan masyarakat Indonesia. Kejadian tersebut pun kemudian menimbulkan anggapan bahwa gempa yang terjadi ada kaitannya dengan Gerhana Bulan penuh yang akan terjadi pada 31 Januari mendatang. Benar nggak sih?

Anggapan seperti di atas ternyata juga pernah muncul saat terjadi gempa dan tsunami Aceh pada 26 Desember 2005 lalu, di mana bencana tersebut terjadi 2 minggu sebelum munculnya supermoon pada 10 Januari 2005.

Sering dikait-kaitkan, nyatanya fenomena alam itu nggak berkaitan lho! "Tidak ada kaitannya. Itu suatu perkiraan orang dihubung-hubungkan orang," ujar Peneliti Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Danny Hilman Natawidjaja dilansir dari laman Liputan6.

Selain itu Kepala Bagian Humas BMKG, Hary Tirto Djatmiko juga mengatakan hal senada bahwa dua fenomena alam itu tak ada kaitannya sama sekali.

"Sejauh ini tidak ada kaitannya. Yang satu fenomena astronomi yang satu fenomena terkait geologi. Jadi dua hal yang berbeda," jelas Hary. Jadi mulai sekarang kamu tak perlu khawatir berlebihan ya! Gerhana bulan dan gempa tak ada kaitannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Gerhana Bulan adalah fenomena alam berupa gerhana yang terjadi ketika sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan.

    Gerhana Bulan

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • 24 Januari 2018

What's On Fimela
Loading