Sukses

Lifestyle

Kenapa KK Pakai Istilah Kartu dan SIM Disebut Surat? Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Pernah nggak kamu terpikir kalau istilah 'surat' dan 'kartu' yang digunakan dalam negara ini seolah terbolak-balik. Contohnya seperti penggunaannya dalam penamaan SIM (Surat Izin Mengemudi) dan KK (Kartu Keluarga).

Jika memakai penalaran berdasar logika, SIM yang menggunakan istilah 'surat', seharusnya menggunakan lembaran kertas sebagai bukti kepemilikan. Namun, bukti riilnya saat ini SIM justru ditunjukkan dengan kertas tebal berbentuk persegi panjang. Sedangkan istilah kartu dalam Katu Keluarga justru berlaku sebaliknya.

Alih-alih dicetak pada kertas tebal berukuran minimalis, KK justru dicetak dalam lembaran kertas biasa. Nah lho, hal ini jadi membuat kita bertanya-tanya, apa nggak seharusnya kedua istilah tersebut dibuat menjadi 'Kartu Izin Mengemudi' dan 'Surat Keluarga' ya?

Nah, sebelum bingung, pakar internet dan aktivis Bahasa Indonesia, Ivan Lanin pun mengemukakan alasan mengapa kedua istilah tersebut masih dipakai hingga kini. Menurutnya, kedua sebutan tersebut merupakan peninggalan sejarah dan bukti bahwa bangsa Indonesia sulit untuk beranjak. Menilik dari sejarah masa lalu saat penjajahan Belanda, istilah 'keterangan mengemudi' atau rebewes (bahasa Belanda: rijbewijs) berbentuk buku yang menyerupai surat.

Sedangkan kartu keluarga dulunya dicetak di atas karton manila tebal yang menyerupai kartu besar. Sehingga rujukannya bukan lagi menggunakan istilah surat namun kartu. Namun, diakui Ivan Lanin melalui akun Twitternya, sampai saat ini ia sendiri belum menemukan sumber rujukan tertulis tentang masalah kebahasaan tersebut.

Seolah ikut mencari jawaban, netizen pun ikut berkomentar mengemukakan pendapatnya, salah satunya seperti dari segi efisiensi. Penggunaan Surat Izin Mengemudi dinilai lebih praktis karena tak makan banyak tempat. Sedangkan yang lain menilai kalau Kartu Keluarga ada banyak keterangan yang harus ditulis jadi tidak cukup kalau hanya dicetak dengan kartu. Nah, kalau menurut kamu sendiri bagaimana?

 

Penulis: Tyssa Madelina

Sumber: Kapanlagi.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading