Sukses

Lifestyle

Jangan Langsung Makan Usai Olahraga, Kenapa?

Fimela.com, Jakarta Usai olahraga, perut pasti merasa sangat lapar. Rasa lapar ini muncul akibat energi yang habis terbuang. Awas, jangan langsung makan usai olahraga, lho. 

Kamu mesti tahu kapan waktu yang tepat untuk makan setelah olahraga. Terutama buat yang ingin mengurangi berat badan.

Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Ade Jeanne L Tobing, waktu paling ideal untuk makan setelah olahraga adalah di atas satu jam.

Memang, otot, paru-paru, dan jantung melakukan kontraksi saat kita olahraga. Akan tetapi, tidak dengan saluran pencernaan.

"Jadi, kalau dia makan sebelum satu jam, berarti (usus) yang tidak bergerak tinggal menyerap saja sarinya. Tapi kalau setelah satu jam, usus sudah kembali normal lagi," kata Ade kepada Health Liputan6.com di tengah acara kampanye Ayo Indonesia Bergerak di Jakarta, Rabu, 11 April 2018.

Untuk jenis makanan yang tepat, Ade mengatakan, yang terpenting tetaplah makanan empat sehat lima sempurna.

Namun, kondisi ini berbeda apabila Anda adalah atlet. Menurut Ade, sesudah berolahraga atau bertanding, atlet disarankan makan sesuatu yang mengandung air.

"Kalau dia mau bertanding, dilarang makan lemak yang tinggi atau karbohidrat. Kalau sesudahnya sebaiknya makan yang cair-cair. Misalnya buah yang berair, seperti semangka atau pir," kata Ade.

Buah semacam ini dapat menambah elektrolit tubuh. Selain itu, minum juga penting saat berolahraga.

Walaupun begitu, mengonsumsi karbohidrat setelah berolahraga masih diperbolehkan.

"Tapi setelah satu jam, ketika pencernaan sudah normal" kata Ade.

 

Puasa Sebelum Olahraga

Menurut Ade jika ingin membakar lemak, berolahraga dalam keadaan belum makan atau puasa sesungguhnya tidak masalah. Malah, hal itu akan mengeluarkan gula dalam tubuh.

"Di dalam tubuh kita kan ada gula. Dalam otot tersimpan banyak. Sehingga itu kan yang dikeluarkannya. Saat kita puasa kan dianjurkan untuk berolahraga pas mau buka, " kata Ade.

"Jangan pas setelah sahur. Itu bahaya bisa keram otot perut, karena masih ada makanan" tambahnya.

 

 

Penulis: Giovani Dio Prasasti

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading