Sukses

Lifestyle

Fakta Unik: Tidak Glamor Seperti Korea Selatan, Begini 7 Fakta Kehidupan Perempuan di Korea Utara yang Mencengangkan

Fimela.com, Jakarta Pengikut Korean waves mulai dari drama Korea sampai K-Pop girl atau boy band, pastinya selalu up-to-date dengan info mengenai Korea Selatan. Kehidupan seleb mulai dari musik, mode dan kecantikan hingga lifestylenya jadi perbincangan netizen. 

Tapi, bagaimana dengan kehidupan negara tetangga, Korea Utara? Kalau dilihat lebih jauh, ternyata kehidupan di Korea Utara berbeda jauh dengan gaya glamor di Korea Selatan. 

Korea Utara memang dipimpin oleh Presiden Kim Jong Un yang dikenal dengan leadership yang diktator. Kebijakan yang ia aplikasikan pada pemerintahannya pun dikenal sebagai salah satu yang paling kontroversial di dunia. 

Tidak hanya sebatas penyebaran informasi global di Korea Utara saja yang terisolasi. Tapi, kehidupan atau lifestyle dari penduduk Korea Utara juga dibatasi, apalagi kalau sudah menyangkut dunia luar atau Western. 

Berbeda dengan glamor lifestyle seleb-seleb di Korea Selatan, ternyata perempuan di Korea Utara memiliki gaya hidup yang sangat monoton. Mulai dari pemilihan rambut sampai hobi, berikut 7 fakta unik kehidupan perempuan di Korea Utara yang di luar akal. 

1. Gaya Rambut Monoton

Kalau di Korea Selatan, Anda bisa mencari inspirasi model rambut yang variatif, mulai dari cutting rambut yang eccentric sampai cat warna highlight yang fun. Tapi berbeda cerita dengan kehidupan perempuan di Korea Utara. 

Sebanyak 28 model rambut untuk pria dan wanita yang diatur sendiri oleh Kim Jong Un. Untuk wanita, hanya ada 18 model rambut yang boleh diaplikasikan untuk keseharian. Tentunya, dilarang untuk melakukan variasi cat rambut. Untuk perempuan yang sudah menikah, hanya boleh satu model rambut yaitu model rambut short bob atau pendek. 

2. Makeup Hanya untuk Perempuan Kaya

Korea Selatan merupakan gudangnya brand kosmetik ataupun service kecantikan yang fenomenal bahkan popularitasnya sudah mencakup dunia global. Tapi, tentu saja berbeda dengan dunia kecantikan di Korea Utara. 

Di Korut, perempuan yang memiliki kekayaan berlimpah saja yang bisa mengaplikasikan makeup. Produk makeupnya pun terbatas dan dijual dengan harga mahal yang berkali-kali lipat dari harga normal. 

3. Wajib Militer untuk Perempuan yang Berusia 17-20 Tahun

Di Korea Selatan, aturan wajib militer hanya diperkenankan untuk kaum laki-laki saja. Hal itupun juga tidak terlalu membatasi usia laki-laki yang siap mengikuti proses wamil ini. 

Tapi, berbeda dengan kehidupan wamil di Korea Utara. Di tahun 2015, semua perempuan di Korea Utara yang berusia 17-20 tahun diwajibkan untuk masuk ke dalam sekolah militer. Hal ini dimaksudkan untuk membangun kekuatan militer sampai mengontrol generasi muda untuk tidak memberontak. 

4. Dilarang Pakai Jeans

Tidak hanya di Korea Selatan, banyak perempuan secara mendunia suka dengan padu-padan jeans. Selain nyaman, fashion item ini terlihat casually stylish. 

Tapi sayangnya, di Korea Utara perempuan tidak boleh memakai jeans. Begitu juga dengan kaum pria. Hal ini disebabkan karena jeans dianggap terlalu dominan dengan gaya hidup Barat yang tidak diperbolehkan eksis di Korea Utara. 

5. Beli Pembalut Merogoh Kocek yang Mahal

Saat sedang menstruasi, pastinya perempuan butuh membeli pembalut atau softex. Tapi berbeda dengan perempuan di Korea Utara. 

Memang ada penjualan pembalut tapi harganya super mahal. Sehingga, banyak perempuan di Korut yang mesti memakai kapas dan membuat pembalut sendiri. Tiap malam, perempuan Korut mencuci bersih kapas pembalut supaya bisa dipakai keesokan harinya lagi. 

6. Polisi Lalu Lintas Perempuan Harus Muda dan Cantik

Kalau kebanyakan polisi lalu lintas perempuan di negara pada umumnya dinilai dari dedikasi dan inteligensi, berbeda cerita dengan perempuan di Korea Utara. 

Di negara tetangga Korea Selatan tersebut, profesi polantas adalah pekerjaan prestisius yang dianggap tidak sembarangan orang boleh diterima. Yang ingin bekerja di profesi ini haruslah bertubuh semampai dan memiliki paras wajah yang cantik.

Tinggi badannya minimal 167 cm, belum menikah dan berusia lebih dari 16 tahun. Selain itu, Kim Jong Un sendiri yang memilih perempuan yang berhak menjadi pengatur lalu lintas. 

7. Tidak Ada Situs Internet Global

Kalau kebanyakan perempuan suka bosan dan beralih dari realita dengan internet, beda cerita dengan perempuan di Korea Utara. 

Tidak ada momen melihat tutorial makeup di YouTube atau instagram. Karena hanya ada 28 situs di Internet yang diatur langsung oleh Kim Jong Un. Dan itupun hanya sebatas info pendidikan, asuransi, perawatan untuk lansia sampai tutorial masak. 

Di antara 7 fakta unik kehidupan perempuan di Korea Utara, mana yang paling unik dan tidak masuk akal?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading