Bukan Sembarang Diet

Fimela16 Jan 2012, 05:29 WIB
Diperbarui 16 Jan 2012, 05:29 WIB

Next

diet golongan darah

Diet atau lebih tepatnya pengaturan pola makan berdasarkan golongan darah, yang tidak cuma bisa membantu kita menurunkan berat - tapi juga meningkatkan kekebalan tubuh terhadap alergi dan penyakit, menentukan olahraga yang tepat, and of course will help you achieve overall good health.

Mengapa cara ini dianggap jitu? Karena setiap manusia memiliki metabolisme yang berbeda, dan golongan darah sedikit banyak mewakili keunikan metabolisme masing-masing. Misalnya golongan darah A yang kesulitan dalam memproses daging merah, sehingga bukannya menjadi energi, malah menjadi lemak yang jika dibiarkan bisa berkembang menjadi kolesterol. Itu sebabnya penyakit yang biasa menyerang golongan darah A antara lain sakit jantung atau darah tinggi.

Yang menyenangkan dari diet ini adalah kita tidak direpotkan dengan keharusan menghitung asupan kalori atau lemak. Sedikit kesulitan hanya pada bagian membiasakan diri untuk menyantap atau menghindari makanan sesuai dengan golongan darah. Tapi sekali lagi dimudahkan dengan pembagian golongan makanan. Yaitu Hindari, Aman, Terbaik.

Berikut gambaran singkatnya.

 

Next

meat

Tipe O. (Meat Eater)

Tipe ini biasanya memiliki level hormon tiroid yang rendah dan seringkali kekurangan iodine, elemen kimia yang tujuannya untuk membantu pembagian hormon tiroid. Efek sampingnya adalah penambahan berat badan, kembung dan cepat lelah. Perbanyak santapan ikan laut dan rumput laut. Tingkat zat asam pada perut juga lebih tinggi dibanding golongan darah lainnya, yang sering mengakibatkan iritasi pada perut dan usus.

Perbanyak santapan ikan laut dan rumput laut.Pilih makanan yang rendah karbohidrat, tinggi protein (terutama daging dan ikan), sayuran dan buah-buahan. Hindari; gandum, kacang brazil, jeruk dan produk susu yang bisa memancing masalah pencernaan. Ganti kopi dengan teh hijau.

Perbanyak olahraga yang menuntut aktifitas fisik tinggi karena tingkat stres pada golongan darah ini cukup tinggi sehingga memerlukan penyaluran yang tepat. Misalnya lari, angkat beban, jalan cepat. Untuk hasil terbaik, coba ikut kelas aerobik tiga puluh sampai empat puluh lima menit, empat kali seminggu. Untuk yang mudah bosan, pilih dua atau tiga latihan yang berbeda dan variasikan rutin-nya.

 

Next

sayur buah

Tipe A. (More Veggie)

Penting bagi golongan darah A untuk menyantap makanan yang natural, segar dan jika mungkin organik, karena memiliki sistim kekebalan tubuh yang sensitif. Pola makan yang tepat akan meningkatkan kekebalan tubuh dan menghambat perkembangan penyakit berbahaya.

Jangan ketinggalan jam makan, terutama sarapan pagi.Hindari daging merah, perbanyak ikan dan sayuran, jangan terlalu banyak produk susu. Batasi gula, kafein dan alkohol. Jangan ketinggalan jam makan, terutama sarapan pagi; makan dengan porsi sedikit dan lebih sering juga membantu menjaga kestabilan kadar gula darah.

Keadaan tertentu seperti kelelahan, kurang tidur bisa dengan cepat meningkatkan tingkat stres dan kelelahan mental pada golongan darah A. Karena level cortisol pada golongan darah ini cukup tinggi. Dianjurkan untuk memilih olahraga yang membantu untuk fokus dan bisa menenangkan. Yoga, tai chi, meditasi serta latihan pernapasan.

 

Next

dairySecara perlahan hilangkan ayam dari menu...

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tipe B. (Low carbo)

Hindari jagung, gandum, kacang-kacangan, tomat dan biji-bijian. Karena bisa mengganggu prosesmetabolisme, sehingga mengakibatkan kelelahan, kembung dan hipoglisemia – turunnya gula darah setelah makan. Makanan yang juga harus dihindari adalah ayam. Secara perlahan hilangkan ayam dari menu dan ganti dengan yang Terbaik seperti kambing, domba, kelinci. Termasuk sayuran hijau, telur, dan produk susu rendah lemak.

Pilih olahraga yang merangsang kerja otak sekaligus tubuh. Golongan darah B perlu untuk menyeimbangkan meditasi dengan aktifitas tubuh yang tinggi. Contohnya tennis, bela diri, bersepeda, hiking dan golf.

Next

seafood

Tipe AB. (Two in One)

Hindari kafein dan alkohol terutama saat stres.

Tipe AB kadang seperti tipe A, kadang tipe B, pada dasarnya gabungan kedua tipe tersebut. Rendah kadar asam perut seperti A, tapi, memiliki adaptasi akan daging seperti B. Karena itu daging yang dikonsumsi tersimpan sebagai lemak. Hindari kafein dan alkohol terutama saat stres. Fokus pada tahu, seafood, produk susu dan sayuran hijau jika ingin menurunkan berat. Hindari daging proses.

Yang Terbaik adalah ikan seperti mahi-mahi, kakap merah, salmon, sardin, dan tuna. Beberapa produk susu contohnya yogurt dan kefir. Dianjurkan makan secara berkala dengan prosi kecil. Coba untuk tidak menggabungkan beberapa jenis makanan, contohnya protein dan karbohidrat, dalam satu menu.

Untuk olahraga, kombinasikan aktifitas yang menenangkan dengan yang membutuhkan latihan fisik, agar seimbang. Contohnya, tiga hari latihan aerobik atau lari dan dua hari yoga atau tai chi.

 

Jadi bisa diibaratkan, golongan darah Anda merupakan personal nutritionist yang bisa membuat Anda hidup lebih sehat dengan makan menu yang tepat dan seimbang serta olahraga. And what are you waiting for?

 

(Image: Shutterstock.com)

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela