Sukses

Lifestyle

Cara Jitu Agar Si Kecil Nggak Bosan

anak

Binatang Apa…
Umur 3 +
Satu pemain bilang, “Binatang apa yang…” dan kasih petunjuk (“…berbulu”). Pemain berikut mencoba menebak binatangnya apa (“Beruang?”). Kalau salah, si pemberi tebakan mengulang petunjuk dan menambahkan satu petunjuk lagi. (“Bukan itu binatang yang kubayangkan. Binatangku punya bulu dan kumis.”) And so on. Si pemenang boleh memberi tebakan selanjutnya.
Lakukan saat: Si kecil mulai gelisah dan bosan dengan segala mainan yang dibawa.

Car Bingo
Umur 3 +
Di komputer, buat kotak-kotak berisi gambar yang sekiranya akan dilihat di perjalanan. Misalnya pohon, warung, polisi, dan sebagainya). Kemudian di print di karton A5. Semua penumpang dibagikan kartu. Saat melihat sesuatu yang ada di kartu, boleh disilang. Kalau semua gambar berhasil disilang, si pemain teriak “Bingo!” Untuk anak yang lebih kecil, gunakan kartu yang lebih kecil. Untuk anak yang lebih besar, gambar bisa lebih banyak.
Coba saat: Pertanyaan "Kapan sampai?" sudah ditanyakan lebih dari 10 kali.

Lawan
Umur 6 +
Ucapkan sebuah kata (“cerah”), si kecil harus membalas dengan lawan kata (“mendung”). Dengan anak yang lebih tua, kata-kata bisa lebih serius (“serang/bertahan”) atau gunakan bahasa Inggris. Nggak hanya menghilangkan bosan, mereka juga menambah kosa kata.
Coba saat: Dufan ternyata buka jam 11 bukan jam 10.

Aku Mau Jalan-jalan dan Aku Bawa…
Umur 4 +
Mulai dengan kata tadi, dan tambahkan apa yang kita bawa. Peserta selanjutnya mengulang apa yang kita katakan dan menambahkan barang bawaan. Versi yang lebih menantang: Peserta harus menambahkan bawaan sesuai abjad (“apel,” “buku,” “cemilan”). Untuk anak yang lebih kecil, permudah permainan dengan tidak harus mengulangi barang bawaan sebelumnya.
Mainkan saat: Jalanan macet.

Anagrams
Umur 7 +
Tuliskan nama anak atau kata yang umum di selembar keras dan ajak dia untuk membuat kata atau nama baru dari setiap huruf yang ada. Alternatif: Acak semua huruf dalam sebuah kata dan minta dia untuk menyusunnya.
Mainkan saat: Apoteker bilang, “Lima menit lagi, Bu,” untuk yang ketiga kalinya.

Buzz
Umur 8 +
Pilih satu nomer (misalnya, tiga), dan bergiliran menghitung sampai 100. Siapapun yang sampai pada angka tiga atau ada tiga dalam angkanya atau kelipatan dari tiga harus mengatakan “buzz” sebagai pengganttiga (1, 2, buzz, 4, 5, buzz…). Tip: Jangan pilih angka sesuai jumlah pemain, karena orang yang sama akan kedapatan “buzz” melulu.
Coba saat: Nggak ada yang berhasil.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading