Sukses

Lifestyle

Hobi Tersalurkan dan Dapat Penghasilan Tambahan? Bisa!

Disadari atau nggak, rasanya hampir semua orang, terutama perempuan punya hobi menulis. Nggak percaya? Lihat saja, berapa banyak diary yang kamu punya saat masih duduk di bangku sekolah? Atau berapa banyak puisi-puisi yang kamu buat saat sedang putus cinta? Bahkan, mungkin sampai saat ini pun kamu masih sering mengekrpresikan perasaanmu lewat twit atau status di facebook. Dari hal sepele seperti ini saja bisa dilihat bahwa sebenarnya semua orang nggak bisa lepas dari tulisan.

Masukan artikel-artikelmu ke beberapa mediaSaat ini, diary rasanya sudah nggak berlaku lagi di dunia tulis-menulis. It’s so last year! Di jaman yang serba digital seperti sekarang ini, orang-orang lebih memilih blog sebagai media mereka untuk menulis. Lewat blog semua orang bebas menulis apa yang ingin mereka tulis. Mulai dari sekadar curahan hati, jurnal perjalanan, cerita pendek, puisi, hingga ulasan sebuah permasalahan yang cukup berat bisa dituangkan ke dalam blog.

Menulis memang sesuatu yang menyenangkan dan salah satu cara untuk me-refresh kekalutan yang sedang dialami oleh seseorang. Pastinya banyak juga di antara kamu yang menumpahkan segala keluh kesah masalah rumah, pekerjaan, dan asmara lewat tulisan. Ya, menulis adalah obat yang manjur terutama untuk orang-orang yang berkepribadian sangat tertutup. Nggak sedikit juga yang menjadikan hobi menulis sebagai pengganti orang terdekat mereka. “Semua orang pada awalnya memang biasanya menulis dari curhat permasalahan hati karena topik (cinta) nggak akan pernah habis jika dibahas, itu juga berlaku pada saya. Tapi, nantinya tulisan kita pun bisa berkembang dengan sendirinya jika kita terus menulis,” Aulia Halimatussadiah, seorang blogger pemilik Salsabeela.com dan penulis buku berbagi pada tim FIMELA.com.

Buat kamu yang hobi banget menulis, tahukah kamu kalau hobimu itu bisa mendatangkan penghasilan tambahan? Cobalah untuk mulai membiarkan tulisanmu untuk dibaca orang dan mintalah pendapat pada mereka tentang hasil karyamu. Ingat, jangan takut dan jangan malu untuk “mempublikasikan” tulisanmu karena kamu bisa berbagi ilmu yang kamu punya lewat goresan tanganmu. “Kalau kamu memang ingin menjadi seorang penulis, jangan pernah takut untuk memperlihatkan tulisanmu pada orang banyak. Kalau kamu takut dan malu, bagaimana bisa kamu menginspirasi dan berbagi ilmu dengan orang di sekitar. Sebenarnya menulis adalah salah satu cara untuk berbagi ilmu ataupun pengalaman dengan orang lain,” Ollie memberi saran. Proses penciptaan dan evaluasi yang sering kamu lakukan lama-kelamaan akan membuat kualitas tulisanmu semakin baik.

Blog bisa dijadikan alat untuk mendatangkan uang tambahanKalau kamu sering banget menulis, rasanya sayang kalau arsip tulisanmu hanya menumpuk dan memenuhi rak buku dalam kamarmu. Cobalah untuk sesekali mengirimkan tulisanmu pada majalah, tabloid, koran harian, ataupun media online. Tahu nggak sih kalau media-media seperti itu sering banget mencari tulisan-tulisan dari orang-orang luar untuk mengisi ruang mereka? Terlebih buat kamu yang doyan menjelajah tempat-tempat eksotik dan menjajal berbagai tempat kuliner baru, wajib rasanya mengirim jurnal perjalananmu pada media. Artikel-artikel seperti ini sering banget dicari oleh media-media seperti itu. Siapa tahu media yang kamu sasar tertarik dengan tulisanmu. Memang kamu nggak bisa mengharapkan “upah” besar untuk tulisanmu, tapi coba bayangkan kalau setiap tulisanmu bisa dihargai setidaknya Rp300.000,- dan kamu bisa mengirimkan beberapa tulisan dalam satu bulan, berapa banyak penghasilan tambahan yang bisa kamu peroleh?

Dan buat kamu yang doyan nge-blog, kamu juga bisa memperoleh penghasilan tambahan lewat blog-mu. Saat ini sudah banyak perusahaan yang bisa membantu mendatangkan iklan pada blog buatanmu, misalnya saja SITTI. SITTI merupakan “google” Indonesia yang akan membantumu mendapatkan profit dari blog-mu. Perusahaan seperti ini akan mencarikan iklan dari produk barang dan jasa yang sesuai dengan isi tulisanmu. Bayangkan, berapa penghasilan yang akan kamu terima jika ada satu brand yang beriklan dalam blog-mu.

Bagaimana? Tergiur? So, masih malu dan takut untuk mempublikasikan tulisan? Mulai sekarang jangan ragu, serta hilangkan rasa takut dan malu untuk mempublikasikan hasil tulisanmu dalam bentuk apapun. Karena ternyata goresan tangan yang berasal dari keisenganmu bisa mendatangkan untung lewat penghasilan tambahan yang masuk ke kasmu. Siapa sih yang nggak mau mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading