Sukses

Lifestyle

Makan Cepat = Berat Badan Meningkat

Waktu singkat sering membuat kita menghabiskan makanan dalam waktu singkatMakan, hampir semua orang antusias banget kalau diajak untuk makan. Baik si kurus maupun si gemuk pastinya dengan senang hati menerima ajakan makan. Tapi, banyak juga orang yang dilema dan takut kalau-kalau hobi makan mereka akan membuahkan tumpukan kalori dalam tubuh. Sehingga (hampir) semua orang, khususnya perempuan, rela ,mengerem atau bahkan menahan keinginan makanan mereka.

Pilah-pilih makanan bukan kegiatan yang aneh buat mereka yang sangat concerned menjaga kesehatan dan juga berat badan. Tapi, tahukah kamu kalau bukan hanya jenis makanan saja yang akan memengaruhi bentuk tubuhmu nantinya, cara makan juga berperan penting dalam menentukan naik atau nggaknya angka pada timbanganmu.

Gaya hidup yang serba cepat juga menghasilkan cara makan cepat. Mepetnya waktu istirahat atau waktu makan seringkali membuat orang makan dengan tergesa-gesa. Terkadang sepiring nasi padang berukuran besar bisa kita lahap dalam waktu kurang dari 5 menit mengingat sederet pekerjaan sudah mengantre untuk diselesaikan atau mungkin meeting klien sangat mepet dengan waktu istirahat. Buat kamu yang terbiasa makan dengan cepat, mulai saat ini harus belajar menghilangkan kebiasaan makan cepat karena ternyata kecepatan makan memengaruhi berat badanmu.

Sediakan camilan untuk mengganjal perut saat belum ada waktu untuk makanMenurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Dietetic Association, para peneliti menemukan hubungan antara kecepatan makan dengan kenaikan berat badan. Para ahli gizi tersebut menyatakan bahwa orang-orang yang biasa makan dengan cepat memiliki kecenderungan untuk obesitas lebih besar dibandingkan dengan orang-orang yang makan lebih lambat.

Nggak hanya penelitian ini yang menyatakan adanya hubungan antara kecepatan makan dengan kenaikan berat badan. Tapi, penelitiian yang pernah diterbitkan di Jepang juga menyatakan bahwa orang dengan kebiasaan makan cepat memiliki risiko terkena obesitas tiga kali lipat lebih besar dibandingkan dengan orang yang makan lebih lambat.

So, buat kamu yang nggak punya “waktu istirahat pasti” sebaiknya kamu sediakan camilan sehat, seperti berbagai macam biskuit atau kacang-kacangan yang bisa mengganjal perut supaya kamu nggak makan dengan terburu-buru. Kalau kamu sedang dalam usaha untuk menurunkan berat badan, ini sangat penting untuk mulai diterapkan karena ternyata hal kecil bisa berdampak sangat besar pada tubuhmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading