Sukses

Lifestyle

Waspada, Efek Kelebihan Gula Sama Seperti Kecanduan Obat-Obatan!

Di negara maju seperti Amerika, American Heart Association bahkan World Health Organization (WHO) mulai mengingatkan semua orang buat mengerem penggunaan gula, sebaiknya hanya enam sendok teh per hari. Aturan tadi dikeluarkan karena kebanyakan penduduk Amerika menggunakan gula hampir 70 pounds per tahun. “Efek jangka panjang akan menakutkan,” ungkap Mark Hyman, MD, penulis buku The Blood Sugar Solution 10-Day Detox Diet.

Efek jangka panjang yang disinggung tadi, tidak hanya menyebabkan gigi berlubang dan diabetes saja, tapi juga obesitas, kanker usus besar hingga penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang dengan berat badan normal bila mengonsumsi gula berlebih, memiliki risiko dua kali lipat terkena jantung.

Kebanyakan orang tanpa disadari ketagihan akan gula. Padahal tubuh menghasilkan glukosa – salah satu kandungan dalam gula yang membuat tubuh selalu berenergi, dari lemak, protein maupun karbohidrat yang dikonsumsi, kata Robert. Uniknya, menurut psikolog Ashley Gearhardt, Ph.D., otak manusia akan merasa senang bila disodorkan dengan sesuatu yang manis. Permasalahannya penelitian mengungkapkan hal lain bahwa otak pun akan merasa terbius. “Pola tadi sama halnya ketika seseorang kecanduan obat-obatan,” ungkap Nicole Avena, Ph.D., penulis Why Diets Fail: Because You’re Addicted To Sugar. Bahkan, sebuah penelitian menjabarkan kecanduan gula yang terdapat pada kue kering nggak ada bedanya dengan kecanduan obat-obatan.

“Banyak orang yang mengonsumsi gula berlebihan namun tidak menyadarinya,” tutur Nicole Avena, Ph.D. Itu dikarenakan sebagian healthy food mengandung gula secara tersembunyi. Nah, untuk tetap menjaga agar tetap pada aturan enam sendok teh gula, FDA meminta para nutrisi yang melabelkan suatu produk agar memisahkan antara gula tambahan dan gula alami. Sejauh ini, kita memang hanya diberikan info jumlah total gula dalam setiap kemasan.

Well, berapa banyakkah kamu mengonsumsi gula per harinya? Mulai sekarang ada baiknya kamu mulai peduli akan asupan gula ke dalam tubuh, Fimelova. Meski terdengar sepele ternyata memiliki bahaya yang mengancam kesehatan sampai jiwamu, lho!


Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading