Sukses

Lifestyle

Dominasi Bisnis, Perempuan Wajib Kelola Uang dengan Chic di Era Digital

 

Jakarta Tak dipungkiri, perempuan masa kini mahir memutar uang. Menjalankan bisnis kecil-kecilan yang dimulai dari online shop sampai butik fashion item, hingga beauty product teranyar menjadi sebuah kegiatan yang bukan hanya mengasyikkan namun juga menghasilkan. Menjadi Womenpreneur tentu harus siap dengan segala tantangan, khususnya dalam soal keuangan. 

Laporan International Finance Corporation (Maret 2016) menyebutkan bahwa 51% dari Usaha Kecil dan 34% dari Usaha Menengah dimiliki oleh perempuan dan secara total, UKM yang dimiliki oleh perempuan menyumbang 9.1% dari PDB Indonesia. That’s the real girl power!

Merespon tantangan dan potensi perempuan dalam berwirausaha, Commonwealth Bank memiliki program WISE yang memfokuskan pada edukasi keuangan untuk perempuan melalui aplikasi mobile, program workshop, hingga pelatihan one-on- one, dengan womenpreneur sebagai salah satu target utama. Hingga kini, program pelatihan face to face WISE telah menjangkau lebih dari sejuta perempuan di Indonesia.

What is WISE? WISE sendiri adalah singkatan dari Women Investment Series. Sebuah program pengelolaan keuangan berbasis teknologi aplikasi yang dikelola oleh Commonwealth Bank. Aplikasi yang bisa diunduh di beberapa perangkat smartphone ini memfasilitasi perempuan dalam mengelola program keuangan dari mulai bulanan, hingga perencanaan investasi jangka panjang. Berbagai artikel berisikan tips seputar pengelolaan uang yang aman juga dapat ditemui di aplikasi ini. Satu teknologi yang mampu memfasilitasi kaum perempuan untuk mengatur atau bahkan memperbaiki sistem pengelolaan biaya, agar lebih tertata.

Ini akan jadi app yang sangat dibutuhkan oleh pengusaha-pengusaha perempuan di level menengah atau ukm yang biasanya belum memiliki sistem pengolahan atau manajemen uang yang rapi. Alasan bahwa bisnis masih seumur jagung biasanya akan kita temukan, saat pertanyaan mengenai manajemen keuangan muncul di permukaan. Dan tampilan app ini juga begitu chic, sedikit banyak mengurangi rasa tertekan yang biasa kita temukan saat harus mengurus keuangan. Penghitungan investasi, KPR, sampai saran cermat untuk belanja dengan hemat bisa ditemukan di app ini.

Sebenarnya banyak cara yang dapat ditempuh untuk melakukan penghematan. Dengan tidak tergoda untuk membeli berbagai fashion item bertuliskan SALE, kita mampu menyisihkan uang lebih untuk kebutuhan yang lebih berguna. Namun, siapa yang mampu menjamin hasrat belanja? Hadirnya aplikasi ini dirasa mampu mendukung perencanaan keuangan yang efisien bagi pengusaha perempuan (dan siapa pun sebenarnya). We definitely would love to try this app!

 

(Photo : WISE App)

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading