Sukses

Lifestyle

Pola Makan untuk Tubuh Penuh Energi, Bahkan Selama Berpuasa

Jakarta Saat memasuki bulan ramadhan, kita akan familiar dengan makanan-makanan khas Ramadhan seperti takjil yang menggoda iman menuju jam berbuka puasa, atau menu sahur dengan kuah santan yang menggugah selera. No wonder, di bulan puasa  hasrat makan biasanya lebih menggila dari pada biasanya. Ini sebagian besar dipengaruhi karena berpuasa yang mengharuskan kita menahan dahaga dan lapar lebih dari 14 jam. Tapi bukan berarti kita jadi bebas makan apapun saat bulan puasa, lho. Tetap harus menjaga asupan makanan sehat supaya tidak khawatir timbangan mengarah ke kanan saat Lebaran datang.

Bukan masalah berat badan saja yang dikhawatirkan saat makan berlebihan di bulan puasa, tetapi juga efeknya pada kesehatan tubuh. Apalagi perempuan urban yang masih harus aktif menjalani aktivitas saat bulan puasa, perlu energi dan gizi seimbang supaya tetap semangat dan tubuh tetap terjaga. Lalu, bagaimana caranya? Dimulai dari mengubah pola makan saat sahur dan berbuka berikut ini:

Saat Sahur

 

Untuk bangun saat jam sahur saja, biasanya agak malas, ya? Apalagi awal-awal bulan puasa dan masih “manja” pada makanan yang dikonsumsi. Agar selama puasa tubuh tetap fit dan tidak lemas, pilih makanan dengan gizi seimbang seperti memilih karbohidrat kompleks (oatmeal, nasi merah atau quionoa), protein dan sayur yang seimbang serta  minum air mineral yang cukup minimal dua gelas atau lebih. Disamping itu ada juga makanan-makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur seperti: minuman berkarbonasi, cemilan  tidak sehat atau gorengan yang berlebihan. Tapi perlu diingat juga, meski saat sahur makan makanan sehat bukan berarti bisa bebas makan banyak. Konsumsi secukupnya dan lebih banyak minum air mineral.

 

Saat Berbuka

Termasuk yang suka kalap saat berbuka puasa? memang kita biasanya ingin makan banyak dan mengumpulkan makanan untuk berbuka puasa. Ditambah lagi makanan-makanan yang terlihat lezat dan banyak sekali pilihannya, sebaiknya saat berbuka diawali dengan takjil sehat seperti tiga buah kurma dan air putih hangat. Jangan langsung makan besar, beri jeda dulu sekitar 30menit atau satu jam kemudian dilanjutkan makan malam dengan porsi dan gizi seimbang. Bagaimana jika sedang di luar rumah dan ingin berbuka dengan menu  sehat? Sajian salad seperti yang bisa kita temukan di gerai Salad stop bisa jadi pilihan untuk berbuka, karena menu saladnya beragam, cukup menggugah selera tanpa khawatir berat badan naik.

Fasting in a healthy way is a must right?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading