Sukses

Lifestyle

3 tips menyelamatkan diri saat terjadi gempa di luar ruangan

Fimela.com, Jakarta Indonesia berada di dalam Ring of Fire, di mana merupakan area yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi. Tak heran, Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang sering mengalami gempa, meski tak sesering Jepang. Baru-baru ini, Palu dan Donggala mengalami gempa dahsyat serta tsunami. 

Selain berduka, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara melindungi diri pada saat gempa terjadi. Ketika sedang berada di dalam gedung, berlindung di bawah meja menjadi tip paling utama. 

Namun, apa yang harus dilakukan ketika gempa datang dan kamu berada di luar ruangan? Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan diri. 

Kenali daerah tempat tinggal

Ketika baru pindah ke sebuah daerah baru, penting bagimu untuk mengetahui seluk-beluk daerah sekitar rumah. Jangan malas, karena ketika gempa terjadi dan sahabat Fimela sedang berada di luar rumah, kamu tahu di mana daerah yang lebih tinggi atau rendah, atau lapangan yang aman tanpa banyak pohon besar yang bisa saja rubuh menimpamu. 

Juga, tulis BBC, penting buatmu untuk mengetahui di mana letak lapangan. Karena, lapangan menjadi tempat yang paling aman untuk berlindung ketika berada di luar ruangan saat gempa terjadi. 

 

Kriteria lapangan yang aman

Beberapa lapangan, tulis National Geographic, tidak memiliki kriteria yang layak untuk dijadikan tempat berlindung dari gempa bumi. Pasalnya, banyak orang memilih untuk berada di luar, di area yang terbuka, namun masih berdekatan dengan gedung dan bangunan. 

Area terbuka yang seperti ini dikhawatirkan akan mencelakaimu karena puing-puing bangunan bisa saja terjatuh dan menimpamu. Karena itu, pilihlah lapangan terbuka yang tidak ada banyak pohon tinggi, gedung, dan juga tiang listrik. 

Lalu, tundukkan badanmu agar tidak terjatuh pada saat Bumi berguncang dengan keras. National Geographic menulis, jika gunjangan semakin kuat, lebih baik merebahkan tubuh di atas tanah. Namun, sahabat Fimela harus ingat, lapangan tersebut harus jauh dari gedung, pohon, dan tiang listrik. 

Jika berada di dalam kendaraan

Jika sedang berada di dalam mobil, berpeganganlah yang erat pada tiang atau benda kokoh yang ada didekatmu. Sehingga tidak terjatuh akibat guncangan gempa. 

Selain berpegangan, sahabat Fimela juga bisa menghentikan kendaraan terlebih dahulu secara mendadak. Dalam keadaan tetap tenang, tulis BBC, berjalanlah ke arah lapangan terbuka yang bisa melindungimu dari bahaya jatuhnya puing bangunan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading