Sukses

Lifestyle

Aktivitas sederhana ini bisa bantu mengatasi rasa kesepianmu

Fimela.com, Jakarta Rasa kesepian bisa jadi perasaan yang sangat menyiksa. Kesedihan dan penderitaannya pun hanya kita yang tahu. Semakin dalam kita tenggelam dalam perasaan sendirian, semakin sempit rasanya dunia kita.

Tahukah kalah kesepian pun juga dialami oleh banyak orang di belahan dunia lain? Dikutip dari standard.co.uk, ada penelitian yang menyebutkan bahwa lebih dari 9 juta orang di Inggris merasa kesepian, di antara mereka yang paling banyak merasa kesepian adalah anak-anak mudanya (berusia 16-24 tahun) dibandingkan yang berusia lebih dewasa.

Untuk mengatasi perasaan kesepian ini ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas sederhana yang disebut membaca. Yup, membaca bisa jadi cara paling ampuh untuk mengatasi perasaan kesepianmu.

Literacy is a bridge from misery to hope. —Kofi Annan

Sebuah laporan baru dari Demos dan yayasan The Reading Agency menemukan bahwa membaca atau mendengarkan buku audio bisa mengurangi rasa kesepian secara signifikan. Selain itu bisa membantu kita mengatasi perasaan terisolasi.

Sue Wilkinson, CEO The Reading Agency memaparkan bahwa membaca bisa jadi aktivitas menyendiri dan banyak orang bisa merasa sangat rileks saat membaca sendiri. Dan aktivitas membaca ini bisa jadi sangat menyenangkan bila bisa dilakukan bersama-sama. Program bernama Reading Friends pun dibuat untuk menghubungkan para lansia untuk bisa saling mengobrol dan membangun kembali ikatan sosial.

Once you learn to read, you will be forever free. —Frederick Douglass

"Membaca buku bisa membantumu keluar dari rutinitas hidup. Ketika kamu membaca buku bagus, kamu bisa melupakan semua masalah dan rasa kesepianmu, kamu bisa bisa berada di dunia yang benar-benar berbeda," papar Ann, seorang partisipan di Reading Friends.

Kita bisa bergabung ke klub baca buku untuk mengatasi kesepian. Tapi membaca sendirian pun sudah bisa jadi cara yang paling ampuh untuk mengatasi perasaan kesepian tersebut. Cobalah untuk mencari dan menemukan buku yang paling menarik minatmu. Setelah itu baca dan "tenggelamlah" di dalamnya, maka perasaan kesepian pun lama kelamaan akan luntur dengan sendirinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading