Sukses

Lifestyle

Pernah Coba Latihan Pernapasan yang Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak?

Fimela.com, Jakarta Sulit kesulitan saat ingin tidur karena insomnia? Sayangnya, banyak orang dewasa sulit tidur karena berbagai hal, termasuk stres.

Banyak hal yang memang tidak dapat dikendalikan, namun tidur bisa menjadi aktivitas yang mudah dilakukan dengan latihan pernapasan, sudah pernah coba? Dilansir dari curiosity.com, Kamis (22/11/2018), latihan pernapasan 4-7-8 populer digunakan oleh orang-orang yang sering mengalami sulit tidur.

Latihan pernapasan ini cukup sederhana dan tidak membutuhkan banyak waktu. Latihan ini awalnya dikembangkan oleh Dr. Andrew Weil yang didasarkan pada teknik yoga kuno, Pranayama untuk membantu tidur lebih cepat.

 

Cara melakukan latihan pernapasan yang dapat membuat tidur lebih cepat

Caranya mudah, mulailah dengan bernapas perlahan melalui hidung selama empat detik. Tahan napas selama tujuh detik, dan buang selama delapan detik.

Saat melakukan latihan ini, kendurkan otot rahang dan tutup mulut sambil menghirup udara dari hidung. Ketika menghembuskan napas, latihlah mendorong udara dari bibir agar terdengar seperti embusan angin.

Ujung lidah harus berada di atap mulut, tepat di belakang gigi depan bagian atas. Latihan ini dapat disesuaikan dengan kemampuan menahan napas.

Untuk melakukan latihan pernapasan ini juga diperlukan fokus. Tidak hanya membantu tidur lebih cepat, latihan pernapasan ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat, dan mengatur tekanan darah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading