Sukses

Lifestyle

12 Makanan Kalori Kosong yang Harus Dihindari untuk Mulai Hidup Sehat

Fimela.com, Jakarta Menghitung kalori menjadi salah satu cara untuk mengontrol pola makan bagi banyak orang untuk hidup sehat. Namun 12 makanan yang disebut empty calories atau kalori kosong ini justru harus dihindari.

Sebab empty calories merupakan istilah kalori kosong yang berlaku untuk makanan dan minuman yang mengandung gula, lemak, atau minyak serta minim nutrisi. Meski dijuluki kalori kosong tapi kebalikannya, justru memiliki kalori yang tinggi.

12 makanan ini akan mengambil porsi kalori harianmu karena jumlahnya yang tinggi. Jika ingin memulai tahun 2019 dengan lebih sehat, cobalah untuk menghindari jenis-jenis makanan (terfavorit) ini melansir Cosmopolitan, Sabtu (12/1);

1. Latte (terutama tanpa sirup)

Kopi sudah jadi gaya hidup sekaligus kebutuhan. Bagimu yang mengonsumsi latte setiap hari, mulailah untuk mengurangi gula atau susu dalam tiap gelasnya (ukuran besar mencapai 380 kalori).

Jika biasa beli di coffee shop favorit, cobalah mulai kebiasaan membuat kopi organik sendiri di rumah. Kopi hitam atau putih dengan tambahan susu yang dibuat sendiri memungkinkanmu mendapatkan jumlah antioksidan tinggi dengan minim kalori.

2. Roti putih

Selembar roti putih mengandung hampir 100 kalori dengan nutrisi yang rendah. Apalagi proses pembuatan roti putih sama sekali tidak alami.

Cara terbaik adalah menggantinya dengan roti gandum. Pilihlah roti gandum hitam yang saat proses fermentasi bisa meningkatkan penyerapan nutrisi utama seperti zat besi, zinc, magnesium, dan vitamin B.

3. Jus buah konsentrat (jus buatan)

Sama seperti minuman bersoda, jus buatan tinggi gula dan tanpa nutrisi (100 kalori per sajian). Dalam proses pembuatannya, banyak nutrisi yang terbuang sehingga jumlah vitamin C juga ikut hilang.

Apalagi jika ditambahkan vitamin C sintetik pada proses akhir pembuatan. Pilihan terbaik adalah minum jus jeruk yang dibuat sendiri, apalagi masih ada bulirnya. Atau yang digemari cold-pressed vegetable juice dengan campuran sedikit buah.

4. Burger, Chips, Pizza

Ketiga makanan di atas paling dihindari. Pizza satu loyang kecil mengandung 1000 kalori, dan Big Mac plus kentang goreng punya 845 kalori.

Namun bukan berarti tidak bisa makan sama sekali, hanya dibuat seimbang. Cobalah cari burger dengan semangkuk besar salad plus sweet potato wedges, atau pizza kulit tipis dengan topping sayuran (rocket). Siap makan pizza, burger, dan kentang goreng tanpa rasa bersalah bukan?

5. Alkohol

Januari saat yang tepat untuk detoks tubuh dari alkohol yang diminum pada akhir tahun. Baileys mengandung 164 kalori per 50ml, dan 64 kalori untuk tequila sekali shoot.

Jauhi dulu tequila atau vodka dan ganti dengan air soda dan jeruk nipis segar. Badan juga terasa lebih fit, karena alkohol akan mengikis nutrisi penting dalam tubuh termasuk vitamin B. Jangan heran jika tubuh selalu terasa kurang energi dan mudah letih.

 

Es Krim Sampai Pastry

6. Es krim

1/4 dari satu liter es krim favoritmu mengandung 350 kalori, silakan hitung sendiri jika makan lebih banyak. Tahukah jika jumlah besar gula untuk membuat es krim konvensional menguras zat penting di tubuh seperti mineral dan magnesium. Ujung-ujungnya tubuh mendamba lebih banyak makanan manis.

Sebagai gantinya pilihlah es krim yang dibuat dari kacang mede atau santan yang tidak mengandung gula rafinasi (refined sugar).

7. Minuman berkarbonasi atau soft drink

Satu kaleng minuman bersoda kira-kira mengandung 130 kalori dan tanpa nutrisi serta tinggi gula. Terlebih pemanis buatan yang digunakan terbukti meningkatkan risiko diabetes, sindrom metabolik, dan penyakit kardiovaskular.

Cobalah untuk mengurangi atau mengganti dengan air soda dicampur perasan lemon atau jeruk nipis. Rasakan bedanya pada tubuh saat berhenti minum soda.

8. Keripik kentang

Sebungkus keripik kentang favorit mengandung 158 kalori dengan nol vitamin atau mineral serta minim nutrisi. Jika menginginkan sesuatu yang asin dan renyah, pilihlah keripik jagung dan sayuran mentah dengan cocolan hummus. Lebih sehat, banyak protein, serat, lemak baik, vitamin, dan mineral.

9. Pastry

Siapa yang tak tergoda dengan croissant, roti kismis atau roti cokelat untuk sarapan di kafe favorit karena kepraktisan. Padahal masing-masing mengandung 300 kal, 360 kal, dan 380 kal.

Cobalah untuk menggantinya dengan chia pot yang mulai banyak ditawarkan (137 kalori per sajian). Namun kamu akan mendapat manfaat kesehatan karena kaya kandungan omega-3, asam lemak, serat, dan semua asam amino esensial.

 

Cereal Bar sampai Cokelat

10. Cereal Bar

Kesalahan umum yang banyak dilakukan adalah berpikir jika cereal bar camilan sehat. Umumnya karena punya kalori kurang dari 150. Padahal kebanyakan produk punya gula tinggi yang nyaris sama dengan sebatang cokelat.

Untuk menyiasatinya pilihlah cereal bar yang hanya berisi kacang kering dan buah (tanpa gandum atau tambahan gula). Atau makan saja kacang-kacangan dan buah asli untuk mendapat vitamin dan mineral ketimbang produk yang dikemas tanpa nutrisi.

11. Cokelat

Eits, bukan berarti tidak boleh makan cokelat, tapi cobalah untuk meng-upgrade kualitasnya. Sebab sebagian besar cokelat yang ada di pasaran memiliki 100-300 kalori.

Cobalah cokelat organik yang mengandung lebih dari 7% kokoa padat. Tentunya kita akan mendapat manfaat antioksidan lebih tinggi karena tak terbuang saat proses pembuatan.

12. Biksuit/ keik/ donat

Tak bisa hidup tanpa tiga makanan di atas? Namun mau tak mau kita harus memangkasnya karena mengandung empty calories.

Jika hobi baking, buat sendiri dengan kandungan yang lebih sehat. Seperti memakai sirup maple untuk menggantikan gula rafinasi atau beras merah dan tepung almond untuk mengganti tepung terigu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading