Sukses

Lifestyle

Bugar Secara Fisik, Manfaat Menikah yang Tak Bisa Diabaikan

Fimela.com, Jakarta Banyak orang merasa ragu untuk menikah, beberapa di antara bahkan menunda pernikahan selama mungkin karena takut kebebasannya terenggut dan tak bisa melakukan hal-hal yang disukainya saat menikah. Namun menikah tidak seburuk itu kok, bahkan menikah punya manfaat besar menjaga kesehatan jantung. Tak percaya?

Sebuah penelitian yang dilakukan di University College London menemukan bahwa orang-orang berusia tua yang menikah ternyata memiliki fisik yang lebih sehat dan bugar, memiliki langkah kaki mantap dan gerak cengkraman otot tangan yang masih kuat dibandingkan teman-teman mereka yang tidak menikah.

Penelitian ini menganalisis data orang-orang di atas usia 60 tahun di Inggris dan Amerika Serikat, dan mereka menemukan bahwa orang-orang yang menikah ternyata berjalan lebih cepat dan mendahului dibanding mereka yang bercerai, terutama pria.

Meski begitu, pemimpin penelitian Dr Natasha Wood, mengatakan bahwa mereka tidak yakin apakah orang-orang sehat cenderung banyak yang menikah, atau justru orang-orang menikah yang cenderung lebih sehat. Poin yang penting, bahwa pernikahan dan tingkat kesehatan tampaknya memang memiliki keterkaitan yang kuat.

Karena dalam penelitan lain yang dilakukan di University of California, menemukan bahwa pasien kanker yang menikah ternyata cenderung bisa bertahan lebih lama menghadapi penyakitnya dibanding mereka yang single. Ini karena kurangnya dukungan mental dan emosional yang didapatkan mereka yang single.

Jadi, jangan buru-buru berpikiran negatif dulu terhadap pernikahan, karena ternyata justru punya manfaat menjaga kesehatan dan kebuaran tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading