Sukses

Lifestyle

5 Olahan Gurih yang Bisa Dibuat dengan Tepung Tapioka (Aci)

Fimela.com, Jakarta Tepung tapioka atau kanji/aci bisa membuat berbagai bahan jadi terasa lebih kenyal. Banyak kudapan atau makanan ringan yang bisa dibuat dengan tepung tapioka. Di Indonesia sendiri, ada banyak makanan khas daerah yang salah satu bahan utamanya adalah tepung tapioka.

Bagi yang sedang ingin membuat olahan atau penganan yang gurih dari tepung tapioka, ada beberapa ide kudapan yang bisa dicoba. Selengkapnya, yuk simak rekomendasi dari Fimela berikut ini.

1. Pempek Rebon

Ingin menikmati pempek tapi tak punya bahan ikan tenggiri? Pakai rebon pun bisa. Pempek rebon ini bisa dibuat dari bahan tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, udang rebon, dan air secukupnya. Untuk kuah cuko sederhana kita bisa membuatnya dari bawang putih, cuka, gula merah, cabai rawit, dan garam. Simpel dan cukup mengenyangkan.

2. Cireng Salju

Cireng salju ini memiliki tekstur yang lembut di dalam dan garing di luar. Mudah dan murah dibuat. Bahan-bahan yang diperlukan, antara lain tepung tapioka, kaldu bubuk, garam, bawang putih, daun bawang, ketumbar bubuk, dan air. Pastikan adonan biang dibuat dengan benar untuk menghasilkan tekstur yang pas dan tidak keras.

 

3. Cilok Daging Sapi

Wah, cilok daging sapi ini bisa bikin ketagihan. Daging sapi giling yang diolah dengan tepung tapioka, bawang putih, telur, merica bubuk, kaldu bubuk, dan es batu bisa menghasilkan cilok yang enak. Bisa dinikmati dengan saus cabai, saus tomat, atau saus kacang sesuai selera.

4. Batagor Ayam

Daging ayam giling dan tepung tapioka bisa jadi bahan dasar untuk membuat batagor ayam yang enak. Disajikan dan dinikmati dengan bumbu kacang yang terdiri dari bawang putih, kemiri sangrai, air asam jawa, santan, cabai rawit, cabai bubuk, kacang tanah goreng, kecap manis, garam, dan gula jawa, batagor ayam jadi terasa makin spesial.

5. Cimol Ebi

Tak ada daging ayam atau daging sapi, kita bisa pakai ebi untuk membuat olahan tepung tapioka yang gurih dan sedap. Tepung tapioka, tepung terigu, air, garam, penyedap rasa, gula pasir, kecap ikan, saus tiram, merica, bawang putih yang dihaluskan, dan ebi yang dihaluskan dapat diolah jadi satu untuk dibuat cimol ebi yang enak.

Ada berbagai olahan gurih dan sedap yang bisa dibuat dari tepung tapioka. Semoga info ini bisa jadi referensi yang memudahkanmu untuk membuat kudapan atau penganan yang enak untuk dinikmati di rumah.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading