Sukses

Lifestyle

Agar Puasa Lancar, Hindari Mengonsumsi Ini Saat Sahur ya!

Fimela.com, Jakarta Disunnahkan bagi orang yang akan berpuasa untuk makan sahur. Ada berkah tersendiri yang tersimpan dalam waktu sahur. Pastinya dengan sahur, kita bisa menunaikan ibadah puasa dengan lebih lancar seharian hingga waktu berbuka tiba.

Agar puasa lancar, penting untuk lebih jeli lagi dalam memilih makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi. Bukan sekadar makan sahur asal kenyang, tetapi lebih mempertimbangkan asupan gizi dan nutrisi yang bisa membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa. Dikutip dari buku DEBM (Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan), saat sahur sebaiknya menghindari buah-buahan yang terlalu manis seperti pepaya, melon, dan semangka. Selain itu, hindari juga jus buah, nasi, mi, kentang, roti, kopi manis, teh manis, minuman bergula, dan soft drink. Kenapa kelompok makanan dan minuman tersebut sebaiknya dihindari? Alasannya adalah karena bisa menimbulkan lonjakan gula darah.

Makan sahur tidak asal pilih yang asal kenyang. Kalau ingin mengonsumsi karbo, pilih alternatif seperti brokoli, wortel, tauge, dan bayam. Makanan dan minuman dengan kadar gula atau pemanis yang tinggi juga perlu dihindari. Untuk minuman, yang paling aman adalah air putih. Atau bisa juga mengonsumsi kaldu iga atau sup tulang iga untuk menggantikan cairan tubuh.

Penting juga mempertimbangkan kondisi tubuh. Misal, bila kita memiliki penyakit maag atau lambung, penting untuk berkonsultasi ke dokter soal makanan apa saja yang aman dikonsumsi pada saat sahur. Selain itu, pastikan kita mengonsumsi makanan secukupnya. Tidak sampai kekenyangan yang malah bikin sakit perut dan malah memicu rasa lapar.

Semoga puasa kita sebulan penuh selama bulan Ramadan bisa selalu lancar, ya. Niatkan puasa untuk ibadah supaya pahala yang kita dapatkan bisa berlipat ganda dan memberi berkah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading