Sukses

Lifestyle

3 Tips Diet agar Tubuh Siap Menyambut Puasa Ramadan!

Fimela.com, Jakarta Setelah lama tidak menjalani puasa, tentunya tubuh akan kaget jika tiba-tiba puasa selama sebulan. Perubahan waktu makan dan porsi makan bisa jadi membuat pencernaan tidak begitu baik.

Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya jika mulai mempersiapkan tubuh dengan beberapa cara diet sederhana agar tubuh bisa lebih mudah menyesuaikan selama puasa Ramadan. Untuk membuat tubuh bisa terbiasa lagi untuk menjalani puasa Ramadan selama sebulan, ada beberapa persiapan fisik yang bisa dilakukan.

1. Lebih banyak minum air putih

Hal pertama yang harus dibiasakan adalah banyak minum air putih. Karena seharian dirimu akan menjalani puasa tanpa asupan air, tubuh pasti akan mengalami dehidrasi. Ketika tubuh sudah terbiasa minum air putih, pilihan makan saat buka puasa dan sahur pun akan memproritaskan air putih. Jadi, membiasakan diri banyak minum air sebelum puasa bertujuan agar tubuh tidak kaget menghadapi dehidrasi.

Persiapan Menjelang Ramadan

2. Mengurangi porsi makan

Mulailah mengurangi porsi makan. Makanlah dalam porsi kecil. Tubuh akan membiasakan diri dengan sedikit makanan sehingga tidak kaget ketika harus berpuasa sebulan. Jika mengurangi porsi sekaligus tentu tak mungkin, lakukan perlahan dengan cara mengganti asupan makan dengan lebih banyak sayur dan buah. Kandungan seratnya akan mengenyangkan perut lebih lama dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

3. Kurangi makanan tinggi kalori

Hindari makanan-makanan berat dan berminyak, seperti dimasak dengan cara digoreng atau makanan yang secara alami mengandung lemak dan minyak seperti santan dan berbagai daging karena mengandung tinggi kalori dan membuatmu lebih cepat haus. Ketika tubuh terbiasa makan makanan padat tinggi kalori, kemudian ditempa dengan puasa sebulan, tubuh pasti akan kaget karena tiba-tiba kehilangan asupan makan yang besar sehingga mudah lapar.

Nah, itu dia sekian tips diet yang bisa dibiasakan sebelum mulai puasa Ramadan agar tubuh tidak kaget, Sahabat Fimela. Yuk sambut Ramadan dengan gembira!

Tonton juga video yang satu ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading