Sukses

Lifestyle

7 Bahaya Jika Tubuh Mengalami Anemia Berkepanjangan

Fimela.com, Jakarta Tubuh membutuhkan darah yang mampu mengangkut banyak oksigen ke seluruh tubuh sehingga organ tubuh bisa berfungsi dengan optimal dan tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Namun bagaimana jika sering mengalami anemia? Ada banyak bahaya yang akan kamu hadapi, tergantung tipe anemia seperti apa yang kamu derita. Tapi secara umum, ini bahaya yang akan kamu hadapi.

1. Mudah terkena infeksi

Karena jumlah sel darah merah sedikit di dalam tubuh dan tidak cukup memberi asupan oksigen dan nutrisi, tubuh jadi lemah terhadap serangan penyakit terutama yang melibatkan infeksi.

2. Mudah lelah

Tubuh menjadi cepat lelah, lemah dan lesu bahkan ketika tidak banyak melakukan kegiatan. Karena energi tubuh diproses paling banyak secara aerob atau menggunakan oksigen, ketika sel-sel tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup, tubuh jadi lebih cepat kehabisan energi untuk dibakar.

3. Tekanan darah rendah

Seringkali tekanan darah rendah dikaitkan dengan anemia, karena jumlah darah tidak banyak di tubuh, maka tekanan darah juga akan menurun.

4. Pusing dan mudah pingsan

Kondisi ini merupakan akibat dari tekanan darah rendah karena anemia. Kurangnya oksigen menyebabkan kepala jadi mudah pening dan pusing bahkan pingsan karena tubuh tidak mampu menjaga keseimbangan dan kesadaran diri.

5. Dada nyeri

Rasa sakit di dada timbul sebagi respon alami jantung yang berdetak lebih cepat untuk memacu darah menerima lebih banyak oksigen. Dalam jangka waktu tertentu, detak jantung terlalu cepat akan menyebabkan rasa sakit atau nyeri dada.

6. Kurang konsentrasi

Karena otak juga kekurangan oksigen dari aliran darah, seringkali orang jadi kurang fokus dan tidak konsentrasi.

7. Kerusakan saraf

Orang sering tidak menyadari bahwa anemia dalam jangka panjang bisa merusaka saraf tubuh karena sel-sel di dalamnya tidak mendapatkan cukup nutrisi sehingga harus mengorbankan diri sendiri. Saraf akan memilih mana 'bagian yang tidak begitu diperlukan' untuk mempertahankan saraf yang lebih vital.

Itu dia sekian bahaya mengalami anemia berkepanjangan. Jadi, coba cek kesehatanmu dan pastikan tidak mengalami anemia ya, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading