Sukses

Lifestyle

Jaga Privasimu, Ikuti 5 Tips Menjalin Komunikasi Lewat Aplikasi Chat

Fimela.com, Jakarta Komunikasi melalui aplikasi chat memang sangat memudahkanmu yang tidak bisa saling bertatap muka untuk menjalin komunikasi. Aplikasi ini juga membuatmu bisa berkomunikasi dengan bebas. Namun, proses saling tukar-menukar informasi yang bersifat pribadi tentu saja harus dijaga kerahasiaannya. 

WhatsApp, sebagai salah satu aplikasi chat terbesar yang digunakan hampir seluruh orang di dunia kini penggunanya sudah mencapai 2 miliar! Ini artinya, pengguna WhatsApp sudah lebih dari seperempat populasi dunia. Jumlah yang tidak sedikit ini juga menandakan begitu banyak informasi yang disampaikan dari orang ke orang lainnya melalui aplikasi tersebut. Termasuk pesan yang bersifat sangat pribadi. 

Jangan takut, WhatsApp dilengkapi dengan enkripsi ujung ke ujung, yang berarti tidak akan ada orang lain selain kamu dan orang yang berada dalam percakapan tersebut yang bisa melihat, mendengar, dan membaca pesan yang kamu sampaikan. Bahkan, WhatsApp sekalipun!

Meskipun informasimu aman, namun ada beberapa hal yang juga harus kamu jaga. Karena, ada beberapa informasi mengenai dirimu yang bisa saja orang lain ambi. Misalnya display picture yang bisa langsung dibagikan setelah melakukan tangkap layar, atau orang lain yang menerima pesanmu, lalu membagikannya kembali kepada orang banyak. Untuk menjaga privasimu, berikut beberapa tips untuk berkomunikasi lewat WhatsApp dengan aman dan nyaman. 

Lakukan Verifikasi 2 Langkah

Kamu bisa menjaga kemanan dengan melakukan verifikasi dua langkah. Sistem ini akan memberikan keamanan tambahan. Jadi, kamu harus memasukkan PIN 6 digit saat mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp-mu. Ini bertujuan untuk mencegah orang lain mengakses akunmu, apabila kartu SIM dicuri atau nomormu rusak. 

Privasi Profil

Kamu berhak untuk mengontrol infomrasi apa saja yang bisa dibagokan ke orang lain. Jadi, kamu bisa menyembunyikan last seen, foto profil, tentang, dan status dalam pengaturan privasimu. 

 

Pengaturan Privasi Grup

Bukan hanya dalam sebuah percakapan pribadi, tapi juga dalam grup! Di Pengaturan Privasi Grup, kamu bisa mengontrol siapa saja yang bisa menambahkanmu ke dalam grup WhatsApp. 

Touch ID atau Face ID

Di WhatsApp, ada lapisan keamanan tambahan terhadap akunmu. Jadi, sekarang tidak ada lagi orang yang bisa langsung membajak akun WhatsApp, dengan fitur Touch ID dan Face ID untuk iPhone, dan Sidik Jari untuk Android. 

Perbarui Aplikasi

Jangan lupa untuk selalu memperbarui aplikasi WhatsApp secara berkala untuk mendapatkan app dengan versi terbaru. Dengan begini, ketika WhatsApp menambahkan sistem pengamanan, kamu bisa langsung mendapatkan fasilitas tersebut. 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading