Sukses

Food

5 Tips Membuat Singkong Keju yang Merekah, Renyah dan Empuk

0(0)

Waktu Pembuatan120 Menit
Jumlah Porsi1 porsi Porsi

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Ada banyak jajanan pinggir jalan yang bisa dipilih saat ingin ngemil gurih, salah satunya adalah singkong keju. Meski tampak sederhana dan 'hanya singkong' goreng, namun tidak semua orang bisa membuat singkong goreng yang merekah, renyah apalagi empuk punel di mulut.

Ternyata cara membuatnya memang berbeda, ini sekian tips yang bisa dilakukan jika ingin membuat sendiri singkong goreng keju yang merekah dan empuk.

1. Pilih singkong yang bagus

Sebelum membeli, pilih dulu singkong yang berkualitas bagus. Pilih singkong yang tampak baru saja dipanen, padat segar dan tidak berjamur. Tandanya adalah pada kulit arinya yang mengelupas, jika kulit terluar ini mengelupas dan terlihat kulit dalamnya yang merah muda, singkong cenderung empuk jika dimasak. Pilih yang agar besar dan lurus daripada yang terlalu kecil atau bengkok.

2. Rendam singkong

Kupas kulitnya dan potong-potong singkong, lalu rendam di dalam air bersih. Cara ini diperlukan bukan hanya untuk membersihkan tanah yang menempel tapi juga berguna menghilangkan racunnya, sekaligus agar singkong empuk jika dikukus.

3. Kukus

Setelah dicuci bersih, kukus singkong selama 15-20 menit atau hingga singkong matang. Setelah itu angkat. Mengukus singkong akan membuat teksturnya empuk saat digoreng.

4. Rendam air es

Siapkan wadah besar berisi air es. Segera masukkan singkong yang sudah dikukus ke dalam air es yangs udah dicampur bumbu bawang. Rendam kurang lebih selama satu jam atau lebih. Proses ini sangat penting terutama untuk membuat tekstur singkong yang merekah.

5. Goreng hingga tenggelam

Penting menggunakan minyak cukup banyak untuk menggoreng singkong karena inilah kunci agar singkong merekah. Metode deep frying ini akan membuat singkong memiliki permukaan yang garing dan renyah sedangkan bagian dalamnya lembut dan empuk.

Itu dia sekian tips agar sukses membuat singkong goreng yang merekah dan empuk. Singkong goreng tinggal diberi taburan keju atau rasa-rasa sesuai selera.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading