Sukses

Lifestyle

Ketahui Macam-Macam Pemanis Alami Pengganti Gula

Fimela.com, Jakarta Sekarang, kita semua sadar bahwa menurunkan jumlah gula yang dimakan adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Gula yang ditambahkan muncul hingga 70 persen dari makanan kemasan, termasuk yang gurih seperti sup, saus, saus salad, dan makanan sehat, seperti sereal, granola, selai kacang, dan yogurt,” jelas Anisha Patel, MD, MSPH.

Menurut Patel, kebanyakan orang mengkonsumsi sekitar tiga kali lebih banyak gula tambahan daripada jumlah yang disarankan. “Batas hariannya adalah 6 sendok teh atau 24 gram gula untuk perempuan, 9 sendok teh atau 36 gram untuk pria, dan 6 sendok teh atau 12 gram hingga 24 gram untuk anak-anak. Perlu diingat, anak-anak yang berusia kurang dari 2 tahun tidak boleh mengkonsumsi gula tambahan karena ini adalah masa perkembangan kritis untuk menetapkan preferensi rasa,” tambahnya.

Berita baiknya adalah ada beberapa cara cerdas dan sederhana untuk memaniskan makanan tanpa menambahkan gula atau pemanis buatan. Dilansir dari realsimple.com, Jennifer Tyler Lee, penulis Half the Sugar, All the Love: 100 Easy, Low-Sugar Recipes for Every Meal of the Day menjelaskan tentang bahan paling efektif untuk memasak dengan sedikit gula. Bahan-bahan yang disebutkan tentunya tersedia di sebagian besar toko bahan makanan di sekitarmu.

Buah dan sayuran yang kaya serat

Buah matang dan segar seperti pisang, pir, dan nanas, bersama dengan sayuran seperti ubi akan menambah rasa manis alami tanpa tambahan gula. "Ada perbedaan penting antara gula tambahan, seperti gula pasir, madu, dan agave, dengan gula alami yang ditemukan dalam buah dan sayuran, yakni serat yang hanya terkandung di dalam gula alami," jelas Tyler Lee. Makanan berserat membantu memperlambat penyerapan gula dalam tubuhmu yang membuatnya lebih mudah untuk diproses. Serat juga dapat membantumu merasa lebih kenyang lebih lama.

"Pir menambahkan rasa manis alami dan lembut ke segala hidangan. Mulai dari saus salad biji poppy hingga scone blueberry. Sedangkan ubi jalar adalah bahan rahasia dalam resep Double Choco Brownies saya yang dapat meningkatkan rasa manis sambil mengurangi gula tambahan dua pertiga dibandingkan dengan campuran brownies dalam kotak,” jelas Tyler Lee.

Labu bekerja dengan cara yang serupa. Selain itu, labu juga dapat digunakan untuk mempermanis dan menambahkan rasa yang dalamseperti pada wafel, pai, dan kue. Buah-buahan dan sayuran beku tersedia secara luas di swalayan sehingga akan sangat mudah untuk didapatkan. 

Bahan alami pengganti gula

Kacang-kacangan dan biji-bijian

"Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah salah satu rahasia untuk memasak dengan sedikit gula tambahan," ujar Tyler Lee. Memanggang kacang adalah langkah kecil untuk memperkuat rasa tanpa menambahkan gula. Kacang juga bisa menambahkan tekstur yang membantu melengkapi resep rendah gula.

“Kemiri, kenari, dan almond adalah kacang yang paling saya andalkan. Mereka bisa menjadi tambahan yang mudah dan lezat untuk roti pisang," tambahnya. Mentega kacang tanpa pemanis juga dapat menambahkan rasa manis untuk segala makanan. Mulai dari saus hoisin hingga kue dan smoothie. Jika kamu memiliki anggota keluarga yang punya alergi kacang, biji labu dan bunga matahari bisa menjadi pengganti kacang dan mentega tahini dapat digunakan sebagai pengganti mentega kacang.

Rempah-rempah

Rempah-rempah adalah elemen penting untuk memasak hidangan yang rendah gula. Selain rendah gula, rempah-rempah juga dapat meningkatkan rasa. Menurut Tyler Lee, vanila, kayu manis, pala, dan kapulaga dapat menambah rasa manis tanpa menambahkan gula dalam resep favoritmu. Perhatikan bahwa beberapa merek ekstrak vanila mengandung gula tambahan. Jadi, pastikan untuk memeriksa labelnya.

Penulis: Rafinda

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading