Sukses

Lifestyle

Virus Corona, Jaga Kebersihan Rumah dengan Resep Disinfektan dari Nahla Shihab

Fimela.com, Jakarta Virus Corona atau Covid-19 membuat kita harus memperhatikan kebersihan diri, rumah dan lingkungan. Hal ini bisa membantu penyebaran virus yang dapat menginfeksi siapa saja. Apalagi kini, WHO telah meningkatkan status virus corona menjadi pandemi.

Setelah sejumlah negara memberlakukan lockdown, Indonesia lebih memilih untuk isolasi di rumah dan social distancing, untuk membatasi penyebaran virus corona. Bahkan sejak Senin (16/3/2010) pemerintah menganjurkan untuk pembatasan aktivtas seperti melakukan kegiatan belajar di rumah, beribadah di rumah, dan juga kerja di rumah selama 2 minggu ke depan.

Hal ini juga semakin giat, salah satu yang vokal menyuarakan gerakan ini adalah Najwa Shihab, dan tagar #Dirumahsaja menjadi trending topic di media sosial.

Najwa Shihab juga mengunggah video singkat tentang cara penularan virus corona dan mengingatkan masyarakan untuk rajin mencuci tangan agar terhindar dari wabah virus corona. Salah satu yang bisa kita terapkan di rumah adalah dengan menjaga kebersihan yakni dengan rutin menyemprotkan cairan disinfektan secra berkala.

Najwa Shihab mengunggah resep racikan yang dibuat oleh sang adik, dokter Nahla Shihab. Pada unggahan tersebut, dijabarkan tentang apa saja barang yang harus dibersihkan seperti gagang pintu, telepon, saklar lampu, dan lain sebagainya. Racikannya juga dijabarkan secara jelas, dan bisa Sahabat Fimela ikuti di rumah.

Cara membuat disinfektan di rumah

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Nahla Shihab (@nahlashihab) on

Resep disinfektan di rumah:

- Bayclin 95 ml ditambah air 905 ml (untuk menjadi total 1000ml/1 L).

- Bayclin, yang sering digunakan sebagai bahan bleaching/pemutih, mengandung sodium hypochlorite (natrium hipoklorit) dengan konsentasi 5.25 persen.

- Untuk bahan disinfektan, dibutuhkan natrium hipoklorit 0.5 persen. Jadi untuk mendapat konsentrasi yang sesuai, perlu pengenceran.

Dan perlu diingat bahwa disinfektan ini hanya untuk baarang-barang, jadi tidak bisa digunakan pada tubuh.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading