Sukses

Lifestyle

Redam Penyebaran Virus Corona, Ini 5 Tips WFH Agar Tetap Produktif

ringkasan

  • Presiden Joko Widodo telah mengimbau masyarakat Indonesia untuk Work from Home (WFH) atau bekerja di rumah untuk meredap penyebaran virus Corona atau COVID-19.
  • Bekerja di rumah tentu saja situasinya akan berbeda dibandingkan dengan bekerja di kantor.
  • Agar pekerjaan tidak tertunda, WFH pun tetap produktif, ikuti beberapa tips berikut ini.

Fimela.com, Jakarta Presiden Joko Widodo telah mengimbau masyarakat Indonesia untuk Work from Home (WFH) atau bekerja di rumah untuk meredap penyebaran virus Corona atau COVID-19. Hal ini dia sampaikan dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/20). 

"Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah," ujarnya. 

Bekerja di rumah tentu saja situasinya akan berbeda dibandingkan dengan bekerja di kantor. Mulai dari suasana hingga manajemen waktu. Belum lagi kamu yang juga harus melakukan berbagai aktivitas di rumah, seperti memasak, mengurusi binatang peliharaan, hingga membersihkan ruang kerja atau kamar. 

Bukan hanya itu saja, kamu yang cenderung bekerja di atas kasur biasanya justru malah akan malas untuk bekerja. Suasana kamar atau rumah justru membuatmu ingin berlibur dan bersantai. Sulit juga rasanya kalau rasa malas sudah melanda. Agar pekerjaan tidak tertunda, WFH pun tetap produktif, ikuti beberapa tips berikut ini. 

1. Atur waktu bekerja

Menurut Eric Lam, salah satu reporter dari Bloomberg yang berada di Hong Kong, bekerja di rumah memang membutuhkan konsentrasi. Jika kamu berada di kantor, sangat mudah untuk membuatmu fokus terhadap apa yang kamu kerjakan. Karena, suasana begitu mendukung untukmu bekerja secara serius dan fokus. 

Namun, kamu bisa memulai untuk membuat jadwal sehingga kamu memiliki pengaturan waktu bekerja. Misalnya, dengan menyamakan jadwalmu di kantor dengan di rumah. Jika kamu biasanya mulai bekerja pukul 08.00 pagi, bekerjalah di rumah pada jam yang sama, dan terapkan juga manajamen waktu di rumah seperti di kantor. 

2. Tentukan Waktu Istirahat

Biasanya, waktu akan berjalan begitu cepat saat kamu bekerja di rumah, dibandingkan dengan bekerja di kantor. Untuk itu, jangan biarkan dirimu tenggelam dalam pekerjaan dan lupa akan waktu untuk beristirahat. Tentukan waktu untuk makan siang dan istirahat sejenak dari laptop atau gadget. 

3. Bekerja di rumah dengan anak-anak

Bekerja sambil mengasuh anak di rumah memang tidak mudah. Namun, seorang columnist di Bloomberg yang kini sedang berada di Hong Kong menyarankan untuk memberikan kesibukan kepada anak-anak sehingga kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu. Misalnya dengan menyediakan buku mewarnai, buku untuk mereka baca, atau mainan yang aman untuk anak-anak. Hal ini bisa membantumu memiliki waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. 

4. Komunikasi yang Sehat

Meski kamu berada jauh dari atasan atau juga rekan kerja lainnya, bukan berarti kamu bebas untuk leha-leha di rumah dan menunda pekerjaan. Tapi, bukan berarti kamu harus berada di depan komputer atau laptop tanpa henti. Jika ingin beristirahat atau pergi dari depan laptop atau komputer, utarakan niatmu dan izinlah kepada rekan kerja. Meski bekerja di rumah, komunikasi dalam satu tim harus tetap sehat. 

5. Jaga kesehatan

Bagaimana bisa bekerja dengan baik dan produktif jika kamu tidak menjaga kesehatan? Pastikan kamu memenuhi gizi di rumah. Mengonsumsi banyak air mineral juga merupakan hal penting untuk membuat tubuhmu tetap fit. Asupan air mineral pun dapat membantu meningkatkan fokusmu terhadap pekerjaan. 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading