Sukses

Lifestyle

Masyarakat Bisa Akses Informasi Terkini Virus Corona dari Situs Resmi COVID-19

Fimela.com, Jakarta Menanggapi penyebaran virus corona yang semakin masif di Indonesia, pemerintah memberlakukan kebijakan social distancing untuk meminimalisir interaksi antar masyarakat. Tak hanya itu, pemerintah pun membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Salah satu tindakan yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 adalah melansir situs resmi yang diberi nama www.covid19.go.id. Situs ini akan menjadi sumber informasi resmi tentang penanggulangan virus corona yang kini telah menjadi pandemi global.

Situs inipun diharapkan bisa menjadi rujukan resmi unntuk informasi satu pintu mengenai virus corona. Termasuk bagaimana cara mengendalikannya.

Situs covid19.go.id dikembangkan oleh Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk Penanggulangan COVID-19. Tim ini sendiri terdiri dari berbagai elemen. Yakni pemerintah, badan yang bernaung di bawah PBB, mitra pembangunan internasional, organisasi sipil dan dunia usaha.

 

Akses informasi terkini seputar virus corona

“Kami menyadari, masyarakat butuh akses pada informasi akurat, cepat dan terpercaya. Untuk itulah mengapa situs www.covid19.go.id ini dibuat agar bisa menjadi sumber informasi resmi satu pintu,” kata Doni Monardo, di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu 18 Maret 2020.

Situs ini pun bertujuan untuk memastikan publik bisa mendapatkan akses yang tepat akan informasi resmi dan akurat tentang penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Selain sebagai rujukan informasi, situs ini juga menekankan pesan utama yang terdiri dari Lindungi Diri, Lindungi Sesama.

Kepala BNPB sendiri menegaskan bahwa upaya penanganan virus corona hanya bisa dilakukan jika adanya kerja sama dan disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah. Di antaranya dengan menjaga jarak aman saat bekerja, beribadah, dan belajar yang dilakukan di rumah. Lakukan selalu praktik kebersihan dasar khususnya mencuci tangan menggunakan sabun.

Situs inipun juga memuat data statistik mengenai jumlah kasus positif virus corona secara real time dan diharapkan menjadi acuan untuk berbagai pihak. Ada pula fitur Hoax Buster yang memuat apakah informasi tentang virus corona yang beredar merupakan berita benar atau hoax.

Simak video berikut ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading