Sukses

Lifestyle

Kenali 5 Gejala Umum Terinfeksi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Virus corona telah menyebar di seluruh dunia. Kematian akibat virus corona atau Covid-19 di Indonesia pun tertinggi di Asia Tenggara.

Untuk memutus rantai penyebaran virus corona, kita perlu melakukan pencegahan seperti cuci tangan dengan air dan sabun, tidak menyentuh wajah, menggunakan masker jika sakit hingga mengetahui gejala-gejalanya.

Dengan mengetahui gejala-gejala penting ini, diharapkan kita tidak menularkan kepada orang lain dan bisa melakukan isolasi diri selama 14 hari. Lalu apa gejala yang harus kita ketahui?

Demam

Gejala hari pertama terinfeksi virus corona adalah demam. Ketika demam suhu tubuh akan mencapai 38℃ atau bahkan lebih tinggi.

Menurut studi khusus di wuhan, 99 persen pasien mengalami gejala demam. Ketika demam, badan akan menggigil, berkeringat dan akan merasakan lemas. Namun beberapa pasien ada juga yang tidak mengalami demam.

Batuk

Batuk pun menjadi tanda bila terinfeksi virus corona. Batuk juga menjadi media penularan virus corona, untuk itu ketika batuk ada baiknya menggunakan masker atau menutup mulut dengan bagian dalam siku.

Rasa lelah

Rasa lelah yang terus menerus pun menjadi salah satu tanda terkena virus corona.

Sulit Bernafas

Sebagian besar orang hanya akan mengalami gejala ringan, namun di kasus-kasus yang tertentu, infeksi dapat menyebabkan pnemonia dan kesulitan bernapas. Pada sebagian kecil kasus, infeksi virus corona bisa berakibat fatal. Bagi pasien lanjut usia (lansia) dan orang-orang dengan masalah kesehatan penyerta seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung atau diabetes kemungkinan akan mengalami paparan virus yang lebih serius.

Diare

Slain gangguan pernapasan, gangguan pencernaan juga merupakan gejala virus corona yang harus diwaspadai. Para peneliti menemukan bahwa 48,5% dari 204 pasien di Wuhan mengeluh tentang pencernaan. Salah satunya adalah diare. Bagi pasien corona yang mengalami masalah pencernaan, membutuhkan waktu 9 hari untuk di rawat di rumah sakit.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading